Wakil Bupati Ingatkan Aparat Kecamatan dan Kampung, Aktifkan Posko-Posko Penanggulangan Covid-19

Wakil Bupati, saat pimpin rapat koordinasipenanganan Covid-19. Foto Lilis (Diskominfo)

KOMINFOKUBAR – SENDAWAR, Terus meningkatnya kasus Corona Virus Diseace (Covid 19) di Kutai Barat, Wakil Bupati Kutai Barat mengatakan, kondisi ini sudah darurat, dan perlu mengambil langkah-lamgkah penanganan seperti mengaktifkan kembali, posko-posko penanganan dan pencegahan hingga kekampung-kampung terutama diwilayah perbatasan yang menjadi pintu utama keluar masuk wilayah Kutai Barat.

“Camat harus mengkoodinir dikecamatannya masing-masing hingga ke Petinggi dan Badan Permusyawaratan Kampung (BPK),” ungkap Wabup di ruang Aji Tullur Jejangkat(ATJ) dalam meeting virtual, Senin 11 Januari 2021

Dikatakannya lebih lanjut, aparat kampung dan kecamatan harus melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yaitu mengatur warganya terutama bagi pelaku perjalanan, dengan ketentuan khusus sesuai dengan peraturan yang berlaku, seperti Rapid Tes, Antigen, Swab Test, tak terkecuali bagi para pejabat dan masyarakat berdomisili.

Wabup mengingatkan bahwa bagi yang melaksanakan acara seperti acara pernikahan, bagaimana caranya tetap mengedepankan protokol kesehatan. Kemudian para Petinggi dan BPK bisa memberikan pengawasan kepada masyarakat yang melakukan isolasi mandiri. Dengan ikut berpartisipasi memberikan bantuan logistik ataupun vitamin kepada masyarakat yang melaksanakan isolasi. “Hal ini agar yang mengisolasikan diri tidak keluar, agar tidak terjadi penularan,”bebernya.

Ditegaskannya juga meminta kepada Satpol PP agar melakukan patroli terus-menerus bersama unsur TNI/Polri, dengan memberikan sosialisasi prokes kepada warga baik dikecamatan maupun kampung-kampung. “Sehingga hal ini dapat menertibkan masyarakat agar tetap patuh pada prokes, dan upaya mencegah Covid 19 segera semakin meluas,” pungkasnya.

Penulis: Lilis, Editor: Hermanto

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id