Wabup Kutai Barat, Tinjau Pembangunan Jaringan Listrik Di Kecamatan Bongan

(Tengah) Wakil Bupati, saat meninjau pembangunan jaringan listrik di Kampung Siram Makmur. Foto : Donni (Diskominfo)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Wakil Bupati Kutai Barat didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Barat dan Plt. Asisten II Setdakab  Kutai Barat melakukan kunjungan kerja dan meninjau kegiatan pembangunan jaringan PLN di kecamatan Bongan sekaligus berdialog dengan perwakilan PT. PLN (Persero) UP2K Kalimantan Timur dan unsur MUSPIDA tingkat kecamatan di kampung Jambuk Makmur, Kecamatan Bongan. Jumat (29/1).

Saat berdialog dengan UP2K Kalimantan Timur, Wakil Bupati Kutai Barat H. Edyanto Arkan mengatakan, kunjungan kerja hari ini, untuk melihat seberapa jauh perkembangan pembangunan jaringan PLN di Kutai Barat, terutama ada penambahan jaringan listrik untuk beberapa kampung di Kecamatan Bongan dan pembangunan tower penghubung jaringan listrik dari Kecamatan Melak ke Kecamatan Mook Manaar Bulatn.

Diharapkan kampung yang nantinya dialiri listrik, Dapat menumbuhkan kegiatan perekonomian dan sosial masyarakat. “Melalui ketersediaan listrik yang memadai akan melahirkan kegiatan-kegiatan ekonomi produktif, baik ekonomi rumah tangga maupun kegiatan ekonomi bersekala besar (pabrik). Dari  kegiatan ekonomi yang semula secara manual sudah bisa mengunakan alat listrik,  apalagi listriknya sudah tersedia 24 jam,” jelasnya.

Selain itu Wabup Kutai Barat juga berharap pelaksanaan pembangunan jaringan listrik berjalan dengan baik,  karena  pada tahun 2024 ditargetkan seluruh kampung di Kutai Barat akan teraliri listrik, masih ada 79 kampung belum teraliri listrik dari total 190 kampung dan 4 kelurahan.

Melalui Manajer Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Provinsi Kalimantan Timur, Rahmatan menyebutkan, bahwa dalam rencana pembangunan kelistrikan pada Tahun 2021, ada sebanyak 9 kampung akan dialiri listrik termasuk pembangunan tower untuk jaringan listrik di kecamatan mook manaar bulatn dan 3 kampung dari kecamatan bongan. Yaitu, kampung muara siram, siram makmur, dan siram jaya. “pada tahun 2021 akan diupayakan listrik untuk 9 kampung di kecamatan Bongan, Insyaallah kita akan realisasi pada tahun ini,” jelasnya.

Ia menambahkan “Melalui sinergitas dengan pemerintah Kutai Barat, stake holder dan dukungan masyarakat, seluruh masyarakat akan dapat menikmati ketersediaan listrik yang memadai.”

Usai berdialog dan diskusi, rombongan Wakil Bupati dan PLN meninjau pembangunan jaringan listrik di kampung Siram Makmur.

Penulis: Donni, Editor: Hermanto

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id