Wabup Kutai Barat, Sampaikan Nota Pengantar LKPD Tahun Anggaran 2020

(Tengah) Wakil Bupati Kutai Barat, Saat menyampaikan Nota Pengantar Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020. Foto: Hms 36 – Setdakab Kutai Barat

KOMINFOKUBA-SENDAWAR, Pemerintah Kutai Barat selaku eksekutif menyampaikan nota pengantar Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020 dan Pembentukan Pansus RPPA, pada Sidang Paripurna DPRD Kutai Barat secara virtual. Di ruang Koordinasi  Setdakab Kutai Barat. Senin (07/06)

Sesuai dengan ketentuan dalam  Pasal 194 Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2019 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah bahwa Kepala Daerah menyampaikan rancangan Perda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD dengan dilampiri laporan keuangan yang telah diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Ikhtisar laporan kinerja dan laporan keuangan BUMD paling lambat 6 (enam) bulan setelah tahun anggaran berakhir. Sehingga data/angka  yang disampaikan dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah ini berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI, dengan opini laporan keuangan Pemerintah Daerah Kutai Barat tahun Anggaran 2020 yaitu; wajar tanpa pengecualian (WTP).

Tujuan penyusunan dan penyajian laporan keuangan pemerintah daerah adalah sebagai pertanggungjawaban atas kegiatan keuangan dan sumber daya ekonomi yang digunakan oleh Pemerintah Daerah Kutai Barat dan menyediakan informasi yang relevan mengenai posisi keuangan dan seluruh transaksi yang dilakukan selama satu periode pelaporan (satu tahun) dan menunjukkan fungsi ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Wakil Bupati Kutai Barat Edyanto Arkan mengatakan, Nota Pengantar Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020 ini, memuat hal-hal pokok tentang pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020 yang disajikan dalam Buku Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).  “Bersama dengan laporan keuangan tersebut disampaikan pula Rancangan Peraturan Daerah (RAPERDA) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD untuk mendapat persetujuan Dewan yang terhormat,” ucapnya

“Selaku eksekutif menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga Pemerintah Kutai Barat dapat melaksanakan APBD dan menyampaikan Nota Pengantar Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2020, sesuai dengan aturan yang berlaku dalam rangka mewujudkan visi terwujudnya Kutai Barat yang semakin adil, mandiri dan sejahtera berlandaskan ekonomi kerakyatan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia,” pungkasnya.

Penulis: Hms 36/Raynaldi,  Editor: Hermanto

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id