Ujian Nasional Terakhir Kalinya Tahun 2020 Ini, Diubah Menjadi Asesmen Kompetisi Minimun dan Survey Karater.

Ujian Nasional Terakhir Kalinya Tahun 2020 Ini, Diubah Menjadi Asesmen Kompetisi Minimun dan Survey Karater.

Kiri Bupati Kutai Barat saat membuka Rakor Pra Ujian Sekolah Berstandar Nasional.Kominfo Wln.kutaibaratkab.go.id

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Dalam rangka memantapkan persiapan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Pada jenjang SD/MI, SMP dan MTs di Kabupaten Kutai Barat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutai Barat menyelenggarakan rapat koordinasi pra pelaksanaan ujian tingkat SD dan MI, SMP DAN MTs, tahun pelajaran 2019/2020. Dipimpin Bupati Kutai Barat didampingi Kepala Disdikbud Kutai Barat, Asisten I Bidang Pemerintahan, Hukum dan Kesra Setdakab Kutai Barat, Asisten II Bidang Ekonomi, Pembangunan dan SDA Setdakab Kutai Barat, Jajaran Disdikbud dan Pengawas SD/Mi dan SMP/MTs, serta Kepala Sekolah se-Kutai Barat di Gedung Aji Tulur Jejangkat (ATJ) Kabupaten Kutai Barat. Kamis 13 Februari 2020.

Bupati Kutai Barat FX Yapan mengatakan, Sistem pendidikan merupakan suatu komponen yang penting karena dapat memberikan arah proses kegiatan kependidikan dan pembelajaran untuk mencapai tujuan. Penyelengaraan ujian nasional merupakan suatu bentuk ujian yang diamanatkan atau dibawah pengawasan yang didesain untuk mengambarkan tingkat pencapaian keseluruhan sistem pendidikan bukan untuk pencapaian individu tertentu.

“Di Indonesia pelaksanaan ujian nasional tecatat telah beberapa kali mengalami perubahan sistem ujian, alasan yang mendasari perubahan ini adalah evaluasi dan penyempurnaan sistem ujian nasional yang terus dilakukan agar tingkat pencapaian keseluruhan sistem pendidikan dapat lebih baik dan  hasil dari ujian nasional nantinya akan menjadi tolak ukur keberhasilan sejauh mana mutu dan kualitas pendidikan yang telah berjalan,” jelas Bupati.

“Pemerintah daerah melalui dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutai Barat memiliki kewajiban untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia anak didik melalui proses belajar mengajar dan kegiatan Rakor yang dilaksanakan hari ini hendaknya dapat dijadikan sebagai Forum untuk menyatukan pemahaman dalam rangka suksesnya pelaksanaan ujian sekolah tingkat SD/MI dan SMP/MTs serta media monitoring dan evaluasi persiapan perlaksanaan ujian ditiap sekolah di Kabupaten Kutai Barat agar dapat berjalan dengan sukses,”Bupati menambahkan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutai Barat Silvanus Ngampun memaparkan, persiapan pelaksanaan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) pada jenjang SD/MI, SMP dan MTs di Kabupaten Kutai Barat berdasarkan Udang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, Permendikbud nomor 0051/p/bnsp/xi/2019 tentang prosedur oprasional standar (POS) penyelenggaraan ujian nasional tahun pelejaran 2019/20.

Sementara tujuan dari pelaksanaan kegiatan Rakor pra pelaksanaan ujian sekolah (US) dan ujian nasional (UN) adalah untuk mensosialisasi permendikbud nomor 43 tahun 2019 tentang  penyelanggaraan ujian yang diselenggarakan satuan pendidikan dan ujian nasional, Memberi pemahaman/penyamaan persepsi tentang penyelenggaraan ujian sekolah untuk jenjang SD/SMP, Kemerdeka Belajar yang memiliki 4 pilar ; USBN tahun 2020 akan diganti dengan ujian Asesmen diselenggarakan oleh sekolah (guru dan sekolah lebih merdeka menilai hasil belajar siswa), UN tahun 2020 dilaksanakan untuk terakhir kalinya dan pada tahun 2021 akan diubah menjadi Asesmen Kompetisi Minimun dan Survey Karater dengan penilaian melalui Litrasi, Numerasi dan Karakter. Kemudian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan dan mengembangkan format RPP. Penerimaan peserta didik baru (PPDB) mengakomodasikan ketimpangan akses dan kualitas diberbagai daerah.

“Terkait pelaksanaan jadual Ujian Sekolah tingkat SD/Mi yaitu akan dilaksanakan pada tanggal 11 sampai dengan 15 Mei Tahun 2020, Ujian Sekolah tingkat SMP/MTs dilaksanakan pada tanggal 06-13 april 2020, dan untuk Ujian Nasional di tingkat SMP/MTs akan dilaksanakan pada hari yang jatuh pada Senin - Rabu tanggal 20 -22 April 2020, Jelasnya. Kominfo Wln.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *