Tumbuhkan Kesadaran Dengan Mengenali Ancaman Bencana. Jumat (26/04/2019)

Tumbuhkan Kesadaran Dengan Mengenali Ancaman Bencana. Jumat (26/04/2019)

Aksi Tim gabungan siaga bencana dalam epakuasi korban. Kominfo Lsr.kutaibaratkab.go.id

KOMINFOKUBAR - SENDAWAR - Pemerintah Kabupaten Kutai Barat menggelar Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) dan HUT Taruna Siaga Bencana (Tagana) ke-15 Tahun, yang ditandai dengan Latihan Evakuasi Mandiri Bencana Banjir pada Komunitas (Permukiman Masyarakat) dilingkungan Kabupaten Kutai Barat. Dengan tema 'Kesiapsiagaan dimulai dari diri, keluarga, dan komunitas' dan 'Kiprah nyata 15 tahun Tagana mewujudkan masyarakat siaga bencana'. berlangsung hikmat di Alun-alun Sendawar.

Bupati Kutai Barat dalam sambutan yang dibacakan oleh Assisten II bidang Ekonomi,pembangunan dan SDA Setdakab.  Ayonius mengatakan, dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat menjadi motivasi agar lebih peka dan siap siaga dalam mengatasi darurat bencana, dan berharap seluruh masyarakat dapat menumbuhkan kesadaran dengan mengenali ancaman bencana.

Terkait kumpulan relawan kemanusian secara keseluruhan Nasional berjumlah 37.000 personil dan terkhususnya di Kutai Barat sendiri berjumlah 30 orang, “Mari kita beri dukungan penuh atas fungsi Tagana dalam pekerjaan mulianya.”  ajaknya.

Dari data BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah). Bencana yang sering terjadi ialah banjir tahun 2019 di Kecamatan Damai (Besiq, Bermai, Nilik) dan Bentian Besar (Dilang Puti, Penarung, Suakong, Jelmuq Sibak). Dan banjir yang berdampak ialah ditahun 2017 yang mencapai 91 Kampung dan 2 Kelurahan dengan 12.593 KK dan 43.577 orang.

Kemudian Bencana kebakaran di 4 Kecamatan yaitu Barong Tongkok (Ombau Asa), Melak(Ilir dan Ulu), Nyuatan (Temula) dan Muara Pahu (Sebelang) dengan jumlah bangunan yang terbakar 24 bangunan dengan jumlah jiwa 102 orang. Untuk Kebakaran Hutan yaitu terjadi di 5 wilayah di Kecamatan Linggang Bigung, Damai, Barong Tongkok, dan Melak dengan luasan hutan/lahan mencapai kurang lebih 650,5 hektare.

Acara Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) dan HUT Taruna Siaga Bencana diakhiri dengan aksi Tim Gabungan BPBD dan Tim Tagana Dinas Sosial (Dissos) beserta pihak kepolisian dan TNI menampilkan aksi Evakuasi Bencana Banjir. Kominfo Lsr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

kubar

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemkab@kutaibaratkab.go.id