Tumbuhkan Kemandirian Ekonomi Masyarakat, Melalui Potensi Wisata Alam.

Bupati Kutai Barat, Saat tandatangai Papan Prasasti tandai diresmikannya wisata Bumi Perkemahan Batuq Bura Kampung Lakan Bilem. Foto; Lilis (Diskominfo)

KOMINFOKUBAR – SENDAWAR, Bupati Kutai Barat meresmikan wisata Bumi Perkemahan Batuq Bura Kampung Lakan Bilem Kecamatan Nyuatan,  sebagai upaya mendorong penguatan sektor ekonomi masyarakat yang sesuai dengan Misi Pembangunan butir Keempat yaitu “Pembangunan Ekonomi Kerakyatan dan Sektor Ekonomi Potensial Dalam Upaya Penciptaan Lapangan Kerja Dan Peningkatan Pendapatan Masyarakat Dengan Tetap Memperhatikan Kelestarian Lingkungan Hidup” di Kampung Lakan Bilem. Selasa. 15 September 2020.

Dalam peresmian tersebut, Bupati Kutai Barat FX Yapan mengatakan, bahwa dengan diresmikan wisata ini bukan hanya menjadi objek wisata melainkan dapat menjadi sumber PAD bagi Kutai Barat nantinya dan dampak bagi aktivitas ekonomi warga sekitar melalui pemanfaatan potensi wisata alam ini, sehingga dapat terus dirasakan masyarakat.

Bupati Kutai Barat Selain dari sisi wisata, masyarakat dapat mengembangkan perkebunan kakao, karet, pisang dan palawija yang menjadi mata pencaharian warga disini, yang diolah sedemikian rupa sebagai oleh-oleh bagi pengunjung.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Kutai Barat saya sangat mengapresiasi atas pembangunan Kawasan wisata dan perkemahan ini. Mari seluruh masyarakat untuk berkunjung ke Batuq Bura dan  mempromosikan keluar sebagai wujud dukungan terhadap daerah wisata kita,”ungkapnya.

Ia juga menghimbau agar seluruh warga di Kampung Lakan Bilem ini dapat memiliki dan tanggung jawab yang sama untuk menjaga kelestariannya, kebersihan dan juga keasriannya. Jangan sampai baru beberapa bulan lingkungan menjadi kotor sampah dimana-mana. “Jadi saya harap kita semua terutama pengelola tempat wisata yang ditunjuk nantinya benar-benar memperhatikan hal ini,”tegasnya.

Kemudian dijelaskan oleh Petinggi Lakan Bilem Yosianus Moja bahwa Kampung Lakan Bilem adalah pemekaran dari Kampung Sembuan dan memiliki wisata seperti ; Air Terjun, Batu Bura, Hutan Kayu Gading, Gunung S, Tepian Sungai Lakan, dan Arum Jeram. Dengan potensi ini pembangunan yang berada di  Kampung ini dapat berdampak baik untuk kemakmuran masyarakat di Kampung Lakan Bilem.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Barat yang telah mendukung dengan adanya peresmian pada hari ini,”ungkapnya saat menyampaikan laporan.

 

Penulis; Lilis, Editor : Hermanto

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id