Kabupaten Kutai Barat

TP PKK Bentuk Kelompok PKDRT Disetiap Kecamatan Dan Kampung. Rabu (06/11/2019)

TP PKK Saat Simulasi PKDRT oleh Peserta.(Hms11)

TP PKK Saat Simulasi PKDRT oleh Peserta.(Hms11)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, TP-PKK Kabupaten Kutai Barat menggelar simulasi PKDRT di wilayah Kecamatan Tering. Kegiatan yang dipusat di kantor Petinggi Banjar Rejo ini diikuti 7 perwakilan setiap Kampung.

Ketua TP-PKK Kabupaten Kutai Barat Yayuk Sri Rahayu Yapan dalam sambutannya mengatakan  “melalui kegiatan ini semoga dapat memberikan dampak positif yang nyata yaitu perubahan pola pikir dan perilaku, serta peningkatan pengetahuan yang baik tentang apa, mengapa serta bagaimana penanganan yang tepat mengenai PKDRT,”katanya.

 “Kepada para peserta yang telah hadir, bahwa nantinya akan dibentuk kelompok-kelompok Simulasi PKDRT. Hal ini penting untuk ditindaklanjuti janganlah pengetahuan ini berhenti sampai pada sesi pertemuan kali ini saja namun diteruskan kepada seluruh sanak keluarga, teman bahkan handai taulan mengenai apa dan bagaimana melaksanakan optimalisasi fungsi PKDRT”, harapnya.

Lebih lanjut dikatakannya kepada Camat, jajarannya, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan beserta jajarannya dan semua lini terkait seperti tokoh agama, masyarakat, pemuda, wanita, adat dapat serius melaksanakan penanganan akan hal ini, semua komitmen menghapus kekerasan dalam rumah tangga ini, oleh karenanya penting bagi kita semua untuk mendukung suksesnya penghapusan kekerasan dalam rumah tangga ini. Menjadi pribadi yang lebih bijak, sabar, dan legowo membutuhkan suatu proses. Kedewasaan seseorang tidak mengenal usia dan untuk itulah perlu dipahami bahwa lingkungan sangat menentukan bagaimana sesorang berkepribadian.

“Sekali lagi ditegaskan bahwa untuk melaksanakan penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga ini perlu adanya komitmen dan langkah nyata dari kita semua untuk katakan tidak pada Kekerasan dalam rumah tangga. “Semua Manusia dimuka bumi ini adalah ciptaan Tuhan yang paling mulia, semua dicinta tanpa terkecuali. Semua berhak untuk hidup, tumbuh dan berkembang, terima kasih dukungan seluruh pihak terhadap kegiatan kami dan ikut pula mensuksesnya”, tegasnya.

Ketua Pokja I TP-PKK Kabupaten Kutai Barat Maria Sari ditemui usai kegiatan menyebutkan “kegiatan ini kami laksanakan diempat Kecamatan yaitu Tering, Melak, Barong Tongkok dan Muara Pahu, dalam kegiatan ini kami memberikan pengetahuan dan praktek langsung yaitu simulasi PKDRT kepada Peserta, disini kami juga membentuk Tim PKDRT masing-masing Kecamatan dengan tujuan mulai dari kelompok kecil hal tersebut akan menyebar sehingga informasi ini tidak putus sampai disini tetapi dapat diteruskan luas ke masyarakat dan dengan adanya kelompok ini juga diharapkan dapat membantu sebagai pertolongan pertama jika terjadi aksu KDRT sebelum meminta bantuan kepada pihak yang lebih lanjut, mari gerakkan dan aktifkan grup PKDRT diseluruh wilayah Kecamatan”, sebutnya.

Salah satu peserta kegiatan Sulastri ditemui mengungkapkan “sangat senang mengikuti kegiatan ini, ini kegiatan yang positif yang menambah wawasan kami tentang KDRT itu sendiri dan langkah pencegahan atau penghapusannya, nantinya saya akan membagi informasi ini kepada kelurga dan tetangga, terima kasih untuk pengalaman baru kami hari ini dengan kehadiran  Tim Penggerak PKK Kabupaten disini”, ungkapnya.(HMS11)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>