Tingkatkan Standar Pelayanan, Agar Memiliki Tingkat Kepatuhan Tinggi

(Tegah) Sekdakab Kutai Barat, Saat pimpin rapat secara virtual. Foto: Aryo (Dinkominfo)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Diikuti seluruh UPT puskesmas di Kutai Barat secara virtual melalui zoom meating, Sekeretaris Daerah Kabupaten Kutai Barat pimpin rapat persiapan dan pendampingan penilaian standar pelayanan oleh Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Timur, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kutai Barat dan Kepala Bagian Ortal Setdakab Kutai dan perangkat teknis yang melakukan pelayanan publik. Kamis (03/06).

Dalam rapat yang membahas berbagai hal yang perlu dipersiapkan guna mengikuti penilaian pelayanan oleh Ombudsman RI, Setdakab Kutai Barat Ayonius mengatakan, hendaknya seluruh perangkat daerah dapat menindaklanjutinya dengan sungguh-sungguh, bukan saja  penilaian ini semata-mata hanya tugas Bagian Organisasi Dan Tatalaksana (Ortal) saja.

Dijelaskannya lebih lanjut kegiatan ini merupakan tanggung jawab kita semua sebagai pemerintah Kutai Barat secara utuh. Pada penilaian tahun 2019 lalu Kutai Barat mendapat predikat sebagai zona hijau yang artinya menjadi daerah yang memiliki tingkat kepatuhan tinggi dengan nilai 85,47. “Untuk penilaian berikutnya jangan sampai merosot tetapi harus lebih ditingkatkan sehingga menembus angka 90,” pesanya berharap.

Untuk kriteria penilaian oleh Ombudsman RI sendiri mencakup dua kriteria yakni; keriteria administrasi mencakup parangkat daerah yang akan dinilai antara lain Dinas Penanaman modal dan perizinan terpadu satu pintu; Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil; Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan.

Selanjutnya  untuk kriteria jasa mencakup; UPT Puskesmas dan yang menjadi objek penilaiannya; UPT Puskesmas Baraong Tongkok, UPT Puskesmas Melak dan UPT Puskesmas Sekolaq Darat. Sementara total produk layanan yang akan dinilai mencapai 50 untuk sektor administrasi dan 9 untuk sektor jasa.

Penulis: Aryo, Editor: Hermanto

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id