Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPUD Kutai Barat Mengukuhkan 11 Basis Terdiri  54 Relawan Demokrasi Pemilu 2019, Mewujudkan Pemilu yang Berkualitas dan Pemilih yang Berintegritas. senin (28/01/2019)

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPUD Kutai Barat Mengukuhkan 11 Basis Terdiri 54 Relawan Demokrasi Pemilu 2019, Mewujudkan Pemilu yang Berkualitas dan Pemilih yang Berintegritas. senin (28/01/2019)

Ketua KPUD Kutai Barat memasang atribut kepada 54 Relawan Demokrasi Pemilu 2019 foto kominfo Lsr.

KOMINFOKUTAI BARAT – SENDAWAR -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kutai Barat mengukuhkan Ketua Koordinator Basis dan Relawan Demokrasi (Relasi) Pemilu 2019, ditandai dengan menyematkan atribut kepada 11 orang sebagai komandan regu dan 54 orang Relasi oleh Ketua KPU Kutai Barat FX Irianto, di Obyek Wisata Danau Aco, Kampung Linggang Melapeh, Kecamatan Linggang Bigung Kutai Barat.

Hadir menyaksikan Kabag Ops Polres Kutai Barat Kompol Sarman, perwakilan BIN Kutai Barat, Bawaslu Kutai Barat, Komisioner KPU Kutai Barat, yaitu Arkadius Hanye, Johanes Nuel, Martinus dan Suhaini serta Sekretaris Camat Linggang Bigung, PPK Kecamatan yang dilanjutkan dengan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) sebagai pembekalan kepada seluruh Relasi yaitu tentang pengenalan sistem keamanan, wawasan kebangsaan, tugas, fungsi dan kode etik relasi, pemahaman teknis tahapan pemilu partisipasi dan pentingnya partisipasi dan demokrasi pemilu dengan Narasumber dari Komisioner KPU dan Bin dan Polres Kutai Barat.

Ketua KPUD, FX. Irianto menjelaskan demokrasi secara sederhana ialah dari rakyat dan untuk rakyat, maka diharapkan seluruh relasi mempunyai spirit/semangat agar tujuan pemilu dapat meningkatkan pemilih berintergritas dan mewujudkan Pemilu berkualitas.

“Tugas sosial yang akan Relasi lakukan untuk membantu KPU Kutai Barat mensosialisasikan pesta demokrasi melibatkan seluruh elemen masyarakat. Merupakan momentum untuk membantu mensukseskan pesta demokrasi secara serentak pada 17 April 2019 mendatang, agar dapat menekan angka golput (golongan putih) ,” tukasnya.

Sementara Devisi SDM dan Parmas KPU Kutai Barat Johanes Nuel menjelaskan, bahwa mulai hari ini, senin (28/01/2019), 54 Relasi resmi menjadi mitra KPU Kutai Barat. Dan perlu diketahui, relawan bukan sekedar profesi atau pekerjaan, akan tetapi kegiatan sukarela yang ditugaskan di basis masing-masing selama tiga bulan untuk memberikan sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada masyarakat. "relasi sebagai perpanjangan tangan pihak penyelenggara pemilu, dan harus menjaga integritas sebagai relawan demokrasi yang selalu berkoordinasi dengan pihak KPU, untuk melakukan pendekatan strategis kepada masyarakat dan bekerja secara kolektif untuk menjangkau target pemilih 77 persen pada pemilu 2019 ini,” pungkasnya.

Dilanjutkan oleh Polres Kutai Barat Kabag Ops Kompol Sarman ia paparkan agar seluruh relasi tekankan pedoman 3S yaitu senyum, salam, sapa. "Relasi harus murah senyum dan bersama sama melaksanakan tugas dengan fungsi dan perannya masing masing tetapi juga perlu ikut serta membantu dalam keamanan dan pengawasan bersama rekan keamanan kepolisian agar pemilu dapat berjalan dengan lancar dan tertib," paparnya.

Ketua basis relasi pemilu 2019 adalah Alfian Nur sebagai Ketua Basis Pemilih Warga Internet (Warganet), Elkana Juniarti Basis Pemilih Pemula, Marginal Yanti Basis Pemilih, Kornellia Juniah Basis Pemilih Relawan Demokrasi, Martin Heti Basis Pemilihan Disabilitas/berkebutuhan khusus, Elvina Santi Basis Pemilih Keluarga, Rebeca Claudya Basis Pemilih Pemula, Rubenson Basis Pemilih Keagamaan, Samson Yubastianus Taas Basis Pemilih Pertanian, Yahwel Basis Pemilih Profesi, dan Yustina Linda Basis Pemilih Perempuan. #Kominfo LSR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

kubar

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemkab@kutaibaratkab.go.id