Tingkatkan Motivasi Minat Baca Siswa Dengan Lomba Menulis Resensi Buku

Ketua Komite Sekolah, saat menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba menulis literasi buku. Foto: Dokumentasi SMPN 1 Barong Tongkok.  

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Meningkatkan motivasi membaca bagi siswa, Sekolah Menegah Pertama Negeri (SMPN) 1 Barong Tongkok, adakan ‘Lomba Menulis Resensi Buku’ kegiatan ini juga dalam rangka ‘Menyongsong Abad ke 21 menuju Indonesia Cerdas’, Selasa, 24 November 2020.

Kepala Sekolah SMPN1 Marlan Rikeh mengungkapkan, adanya Pandemi Corona Virus Diseace (Covid 19) pelaksanaan belajar siswa dilaksanakan secara daring, hal tersebut memberikan rasa bosan kepada siswa. Oleh sebab itu SMPN 1 Barong Tongkok mencetuskan program baru yakni menulis resensi buku. Untuk dijadikan program tahunan yang masuk dalam tugas ‘Rencana Proyek Kepemimpinan (RPK)’.

“Lomba ini juga pertama kali diadakan dan mungkin juga perdana dilaksanakan di Kabupaten Kutai Barat,” jelasnya saat memberikan arahan dihadapan, 10 peserta dan orangtua/wali siswa dan Ketua Komite Sekolah.

Tujuan diadakannya lomba ini adalah sebagai opsi memotivasi para siswa untuk belajar dan menghargai semua mata pelajaran disekolah. Selaku pihak sekolah, juga mengucapkan banyak terimakasih kepada orang tua peserta didik karena selama pandemi covid 19 ini, orang tua sudah membimbing anak-anak dengan sabar sebagai rekan kerja yang membantu tenaga pendidik di rumah.

“Selaku kepala sekolah berpesan kepada seluruh siswa agar teruslah belajar dengan giat. Janganlah malas untuk membaca, karena pejabat-pejabat terkenal adalah orang-orang yang banyak membaca, orang-orang sukses adalah mereka yang banyak belajar,” pesannya.

Dilanjutkan oleh Ketua Panitia Noyan mengatakan, siswa kelas IX (9A-9H) berjumlah 256 siswa, dan yang mengikuti lomba sebanyak 36 siswa. “Peserta lomba ini adalah siswa kelas 9, karena siswa kelas 9 sudah belajar materi tentang resensi buku ketika mereka kelas XIII (8) semester genap,”terangnya.

Dan dari 36 peserta ada 10 pemenang yang menjuarai lomba menulis resensi buku. Dimana pemenangnya mendapatkan bingkisan, piagam, sertifikat dan uang pembinaan. “Kalau tahun ini lomba menulis resensi buku mata pelajaran bahasa Indonesia, tahun berikutnya menulis resensi buku mata pelajaran yang lain,” ungkapnya.

Diterangkannya bahwa siswa menulis resensi dirumah masing-masing dimana pelaksanaannya dimulai sejak 16-18 November setelah itu hasil resensinya dikumpulkan kesekolah dan selanjutnya dinilai oleh 3 orang juri dari guru sekolah dan diumumkan via whatshap.

“Semangat siswa perlu kita apresiasi karena pada masa pandemi seperti ini mereka masih bisa melakukan hal-hal positif,” tuturnya.

Sementara menurut Ketua Komite Sekolah yang juga selaku Lurah di Kelurahan Simpang Raya Wilhelmus yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengungkapkan, sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini, membangun minat belajar dan semangat membaca siswa. “Kami mengapresiasi dan mendukung adanya kegiatan dalam rangka meningkatkan minat literasi para siswa. Semoga kedepannya ada inovasi kreatif lainnya untuk mencetak generasi yang lebih baik,” pungkasnya.

Penulis: Lilis, Editor: Hermanto

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id