Tim Keamanan Lakukan Penyemprotan Desinfektan Di Tempat Umum

Tampak Anggota Tim Keamanan, menyisir lokasi penyemprotan desinfektan. Foto: Donni (Diskominfo)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Menindaklanjuti Insktrusi Gubernur Kaltim No. 1 Tahun 2021 Dan Instruksi Bupati Kutai Barat No. 5 Tahun 2021. Tentang Pengendalian, Pencegahan dan Penanganan Wabah Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Kutai Barat.  Tim keamanan Pemerintah Kutai Barat yang terdiri dari unsur Polri, TNI, Satpol PP, BPBD, dan Dishub. Kutai Barat, melakukan penyemprotan desinfektan  di beberapa titik rawan kerumunan dan sepanjang jalan Gajah Mada. Sabtu, 6 februari 2021.

Kegiatan penyemprotan desinfektan diawali Apel gabungan di lapangan apel Makodim 0912 KBR, Kecamatan Barong Tongkok, para personil dibagi dalam 3 kelompok,  dengan lokasi yang berbeda mulai dari  tempat ibadah (Gereja maupun Masjid), sementara di jalan Gajah Mada Kecamatan Barong Tongkok  penyemprotan desinfektan menggunakan unit mobil water canon milik Kepolisian Resor Kutai Barat.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Barat Ayonius, saat menghadiri apel gabungan mengatakan, kepada masyarakat Kutai Barat, dapat mentaati instruksi Gubernur dan Bupati Kutai Barat. Karena Instruksi itu harus dilaksanakan agar dapat mengatasi dan memutus penyeberan covid-19 di Kutai Barat dan di Kalimantan Timur.

“Masyarakat Kutai Barat, harus bekerja sama untuk mengikuti instruksi tersebut, dan pemerintah tetap mengupayakan kesejahteraan masyarakat, dengan masih buka aktivitas di pasar hingga jam sebelas sinag. karena instruksi tersebut mengingatkan kepada masyarakat, supaya sabtu dan minggu tidak beraktivitas di luar rumah,”ungkapnya.

Saat pimpin apel gabungan Dandim 0912 KBR Letkol.Inf. Anang Sofyan Effendy mengatakan, pelaksanaan operasi ini tidak hanya di wilayah  Barong Tongkok dan Melak, namun dilakukan serentak di seluruh kecamatan dalam wilayah Kutai Barat.

“Setiap kecamatan di Kutai Barat. Kita lakukan hal yang sama, rekan-rekan dari koramil, polsek kecamatan, kampung bergabung bersama dengan organisasi kemasyarakatan dilapangan. Untuk melakukan instruksi yang sama khususnya di Kutai Barat dan umumnya di wilayah Kalimantan Timur,”tegasnya.

Sementara Kepala Polres Kutai Barat AKBP Irwan Yuli Prosetyo menyebutkan salah satu poin dalam instruksi Gubernur dan instruksi Bupati ialah melaksanakan operasi yustisi dan penyemprotan desinfektan,  sebagai upaya mitigasi dan sterilisasi penyebaran Covid-19.

“Digalakkannya pembatasan pemberlakuan kegiatanan masyarakat (PPKM) pada hari sabtu dan minggu, selain bentuk kita mendukung instruksi tersebut, dengan menyebar luaskan kepada masyarakat, kegiatan ini juga harus menjadi komitmen bersama, agar diwilayah kita bisa memutus mata rantai penyebabaran covid-19,”harapnya.

 

Penulis: Donni, Editor : Hermanto

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id