Sosialisasi Measurement, Monitoring and Reporting (MMR) Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dan Sistim Resgistri Nasional (SRN).  Selasa (29/10/2019)

Sosialisasi Measurement, Monitoring and Reporting (MMR) Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dan Sistim Resgistri Nasional (SRN). Selasa (29/10/2019)

Sekretaris Daerah Kutai Barat membuka kegiatan sosialisasi MMR, GRK dan SRN. kominfo Jen. kutaibaratkab.go.id

KOMINFOKUBAR, SENDAWAR – Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur melaksanakan kegitan sosialisasi Measurement, Monitoring and Reporting (MMR), emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dan Sistim Resgistri Nasional (SRN) di Kabupaten Kutai Barat dan Mahakam Ulu, melalui aplikasi MRV Web yang bertujuan untuk membantu mengukur, memantau dan melaporkan tingkat emisi GRK dari waktu ke waktu secara transparan, akurat, menyeluruh, konsisten dan dapat di verifikasi. di hadiri oleh Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kampung, Sektor Swasta, Mitra Pembangunan dan Masyarakat Umum. bertempat pada Ballroom Hotel Grend Family Barong Tongkok, Selasa, 29 Oktober 2019.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Barat Yacob Tullur mengatakan, Provinsi Kalimantan Timur ditunjuk sebagai pelaksana kegiatan penurunan gas rumah kaca dari deforestasi (penebangan pohon)  dan degradasi hutan (perubahan pada hutan yang berdampak negatif)  (REDD+) yang meliputi satu wilayah yurisdiksi dalam program Fores Carbon Partnership Fasilities-Carbon Faund (FCPF-CF) maka komitmen menurunkan gas rumah kaca sebesar 22 juta ton CO2eq pada periode 2020-2024, untuk dapat melakukan pengukuran dan pelaporan penurunan gas rumah kaca maka diperlukan satu perangkat yang disebuat MMR.

“Pemerintah Daerah siap mendukung program Pemerintah Indonesia dengan keterlibatan seluruh pihak terkait, agar dapat saling bersinergi dan berkomunikasi dengan baik untuk meningkatkan kesepahaman dan penguatan kapasitas guna mencapai upaya penurunan emisi berbasis REDD+”, terang Sekda.

Kepala Seksi Pemeliharaan Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur Muhammad Fadli menambahkan, dibutuhkan kerjasama dari semua pihak untuk melaksanakan pelaporan kegiatan penurunan emisi karbon didaerah masing-masing sesuai dengan standar yang ada sehingga pemangku kepentingan paham dan mampu mengukur, melaporkan dan memantau penurunan emisi karbon didaerahnya. kominfo Jen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

kubar

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemkab@kutaibaratkab.go.id