Sosialisasi kagiatan Pemilihan Kapala Kampung Serentak, Maret 2021 Mendatang

Wakil Bupati Kutai Barart, Saat pimpin rapat sosialisasi. Foto: Aryo (Diskominfo)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Pemerintah Kutai Barat melalui Dinas Pembardayaan Masyarakat dan Pemerintah Kampung melaksanakan sosialisasi kegiatan pemilihan kepala kampung pada bulan Maret 2021 mendatang. Sosialisasi melalui aplikasi zoom meeting tersebut dipimpin Wakil Bupati Kutai Barat, Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Barat, Dandim 0912 Kutai Barat, Kapolres Kutai Barat dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah. Berlangsung dari ruang diklat lantai III Setdakab Kutai Barat. Rabu (03/02).

Wakil Bupati Kutai barat H.Edyanto Arkan  mengatakan, pemilihan Kepala Kampung (petinggi) serentak ini hendaknya mengacu pada Perda nomor 10 Tahun 2017. Dari 52 kampung yang menyelengarakan pemilihan, diikuti sebanyak 168 calon dengan sebaran yang cukup beragam. “Ada kampung yang diikuti oleh belasan calon kemudian ada juga kampung dengan colon tungal,” terangnya.

Pemilihan petinggi ini merupakan jalan untuk menyalurkan aspirasi masyarakat secara demokratis sehingga dalam pelaksanaanya harus benar-benar sejalan dengan aturan dan regulasi yang berlaku. Kepada masyarakat bahwa pemilihan kepala kampung ini dapat disikapi dengan dewasa dan berjiwa besar, apapun hasil pemilihannya tetap dipatuhi bersama. Nantinya siapapun petinggi terpilih ditiap kampung agar dapat mengayomi semua masyarakatnya.

“Selanjutnya, segenap jajaran panitia dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga  kampung untuk terus memantau perkembangan, memberikan arahan dan sosialisasi agar pelaksanaannya agenda tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan. Panitia dapat menyediakan kebutuhan dalam penerapan prokes,” tegasnya mengimbau.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten (Setdakab) Kutai Barat Ayonius mengatakan, beberapa tahapan dalam kegiatan pemilihan petinggi serentak, dimulai dari proses pembentukan panitia, yang dilaksanakan 16 Desember hingga 21 Desember 2020 lalu, tahapan sosialisasi, penyusunan data pemilih dilaksanakan dari 22 Desember 2020 hingga 08 Januari 2021 dan  dilanjutkan dengan tahapan lainnya hingga Maret 2021 dilaksanakan pemilihan kepala kampung serentak.

“Untuk di Kutai Barat kegiatan pemilihan kepala kampung serentak akan diikuti 52 kampung dari 15 Kecamatan dengan rincian 50 kampung yang masa jabatan petingginya akan segera berahir dan 2 kampung yang petingginya mengundurkan diri,” jelasnya.

Selanjutnya Setdakab Kutai Barat berharap, “pemerintah Kecamatan dapat bekerja sama dengan berbagai pihak baik polsek maupun koramil dan tokoh – tokoh masyarakat untuk menjaga kondusifitas daerahnya masing – masing,” pesannya

Selanjutnya ia juga berharap agar Perangkat Daerah terkait dapat membantu DPMK sesuai dengan tugas dan fungsinya seperti satuan polisi pamong praja untuk menjalankan fungsi pengamanan, dan perangkat daerah terkait lainnya.

Penulis: Aryo, Editor: Hermanto

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id