Serah Terima Hibah, Tertibkan Administrasi Barang Milik Negara

(Kiri) Bupati Kutai Barat, saat menandatangani berkas serah terima hibah. Foto: Reynaldi (Dinkominfo)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Bupati Kutai Barat secara simbolis menyerahkan hibah tanah milik pemerintah daerah Kabupaten Kutai Barat kepada Badan Pertanahan Nasional, Komisi Pemilihan Umum Daerah dan Badan Pusat Statistik Kutai Barat, di Ruang Koordinasi Setdakab Kutai Barat. Selasa (4/5)

Dilaksanakan serah terima hibah aset Pemerintah Daerah Kutai Barat dengan luas 23.925 Meter persegi yang terletak di Komplek Perkantoran Kutai Barat kepada Badan Pertanahan Nasional, Badan Pusat Statistik dan Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Kutai Barat. Penyerahan hibah tersebut sebagai bentuk penertiban administrasi pengelolaan barang milik daerah, wujud sinergitas pemerintah daerah dan instansi vertikal yang ditandai dengan penyerahan sertifikat hak pakai aset Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat yang digunakan untuk 10 Sekolah, 2 Kantor dan untuk pembangunan Pasar Rakyat dengan total luas 72.414 meter persegi.

Bupati Kutai Barat FX. Yapan mengatakan, kepada penerima hibah diharapkan dapat merawat dan memeliharanya dengan baik agar dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan. “Dengan serah terima hibah pada hari ini, aset yang diberikan dapat berkembang sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat dan meningkatkan pelayanan umum bagi masyarakat didaerah,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, penandatangan ini merupakan upaya untuk menertibkan dan legalitas barang milik negara dipemerintah daerah yang kemudian perawatan aset yang telah dihibahkan otomatis menjadi tanggung jawab penerima hibah.

“Saya mengapresiasi dan berterimakasih kepada Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Kutai Barat karena telah memfasilitasi pemenuhan administrasi pertanahan dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat. Administrasi pertanahan ini juga dapat mendukung optimalisasi pemerintahan baik dibidang pendidikan, serta pelayanan publik diwilayah Kabupaten Kutai Barat,” tegasnya.

Sementara menurut Kepala Dinas Badan Keuangan dan Aset Daerah Kutai Barat Sahadi menyampaikan, ”terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi aktif pada penyelenggaraan kegiatan serah terima hibah pagi hari ini. Kiranya kegiatan ini dapat memberikan manfaat, terutama penggunaan aset tersebut sesuai peruntukkannya dan sebagai contoh pemenuhan administrasi pertanahan di Kabupaten Kutai Barat,” harapnya.

Penulis: Reynaldi, Editor: Hermanto

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id