Salurkan BLT-DD Bagi Warga Kampung Muara Gusiq Dan Muara Siram Kecamatan Bongan.

(Kiri Tenggah) Bupati Kutai Barat, saat menyerahkan BLT-DD bagi warga kampung Muara Gusiq. Foto: Hms10 (Setdakab).

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Pemerinath Kutai Barat serahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap lima sebesar Rp 300 ribu perbulan, yang secara simbolis oleh Bupati Kutai Barat kepada 726 Kepala Keluarga (KK) bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 di 16 Kampung dalam wilayah Kecamatan Bongan, didampingi Sekretaris Kabupaten Kutai Barat, Wakil Ketua DPRD Kutai Barat dan Asisten I Kutai Barat, Inspektur Inspektorat, serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kutai Barat, para Petinggi, Kepala Adat dan tokoh masyarakat. Minggu 13 September 2020

Bupati Kutai Barat FX Yapan mengatakan, dengan terlaksananya agenda penyerahan  BLT secara simbolis di Kampung Muara Gusiq, dan Muara Siram ini dapat membantu pemenuhan kebutuhan warga yang terdampak Covid-19“Kita tahu bantuan tersebut tidak mencukupi kebutuhan masyarakat, tetapi dengan bantuan tersebut kita berharap bisa membantu serta meringankan beban masyarakat yang terdampak covid-19”. Jelasnya

Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 50/PMK.07/2020 tentang Perubahan Kedua atas 205/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa. Aturan baru tersebut, ditetapkan dan diundangkan pada tanggal 19 Mei 2020. Aturan ini sekaligus merevisi beberapa ketentuan yang ada di dalam Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 40/PMK.07/2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 205/PMK.07/2019 Tentang Pengelolaan Dana Desa.

Lebih lanjut Bupati mengingatkan, melalui pembagian BLT ini, masyarakat yang menerimanya dapat dimanfaatkan bantuan tersebut untuk memenuhi kebutuhan dapur seperti sembako. Dan secara mandiri memampukan diri untuk memenuhi kebutuhan pangan. “Giatlah memanfaatkan lahan pekarangan dan lahan kosong untuk ditanami sayur mayur untuk memenuhi kebutuhan pangan  keluarga, apabila berlebihan dan menghasilkan dalam skala besar dapat dijual sebagai sumber pendapatan  dalam ekonomi keluarga,” harapnya.

Dalam kesempatannya tersebut juga FX Yapan mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat, yang mana saat ini kita sedang menghadapi masa pandemic Covid-19. Ada peningkatan jumlah pasien yang positif Covid-19 bahkan hingga ada kasus yang meninggal dunia, kepada seluruh masyarakat untuk kembali meningkatkan kedisiplinannya dalam melaksanakan protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker saat berada diluar rumah, tetap jaga jarak dalam kerumunan, sering mencuci tangan, langsung bersihkan diri begitu selesai kegiatan diluar rumah, dan secara sadar melaporkan dan memeriksakan diri keposko Covid-19 terdekat apabila baru bepergian dari luar daerah Kutai Barat.

“Bersama kita saling menjaga dan mengingatkan perilaku hidup sehat untuk menekan jumlah pasien positif Covid-19 hingga kembali sebagai zona hijau dan melaksanakan rutinitas dengan tatanan hidup baru,”pungkasnya.

 

Penulis: Welin, Editor: Hermanto.

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id