Rapat Kerja Daerah VI TP PKK Provinsi Kaltim Tahun 2021

(Tengah) Wakil Sekertaris I TP PKK Kaltim, saat pimpin rakerda secara Virtual. Foto: Dhea (Dinkominfo)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TPPKK) Kutai Barat ikuti Rapat Kerja Daerah (Rakerda) VI, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TPPKK) tahun 2021 se-Kalimantan Timur secara Virtual. Selain Kutai Barat kegiatan rakerda ini, juga diikuti 40 partisipan dari kabupten/kota di Kaltim diantaranya; Balikpapan, Samarinda, Bontang, Kabupaten Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Mahulu, Berau, dan PPU. Selasa (6/4).

Terkait kepengurusan TP PKK, Wakil Sekertaris I TP PKK Kaltim Rusmilawati M Ali mengatakan, mengacu pada hasil Rakernas ke 8 tahun 2015 kriteria pengurusan TP PKK dalam waktu dekat ini harus sudah dilakukan kepengurusan yang baru dipilih dan nanti akan dilantik. “Silahkan dikaji ulang dan dipilah siapa yang dapat bekerjasama sehingga PKK dari tiap Kabupaten/Kota dapat berjalan dengan baik dan berkesinambungan sesuai Pokja yang telah ada untuk membangun Kaltim lebih baik,” tegasnya.

Dalam rekarda TP PKK pada hari ini, membahas dan sosialisasi Permendagri Nomor 36 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga bahwa kelompok kerja TP PKK atau disebut juga “Pokja TP-PKK” terdiri atas 4 (empat) pokja, yaitu Pokja 1 bertugas sebagai pengelola program penghayatan dan pengamalan pancasila dan program gotong royong; Pokja 2 (Pokja II) bertugas sebagai pengelola program pendidikan dan keterampilan dan program pengembangan kehidupan berkoperasi; Pokja 3 (Pokja III) bertugas sebagai pengelola program pangan, sandang, dan perumahan dan tata laksana rumah tangga; dan Pokja 4 (Pokja IV) bertugas sebagai pengelola program kesehatan, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat.

Organisasi Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota Pokja 1 melingkupi bidang Pembinaan Karakter Keluarga, Pokja 2 bidang Pendidikan dan Pengangkatan Ekonomi Keluarga, Pokja 3 bidang Penguatan Ketahanan Keluarga dan Pokja 4 melingkupi bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan. Untuk masa bakti Ketua Umum TP PKK dan Ketua TP PKK Provinsi hingga Desa/Kelurahan terhitung sejak pelantikan sampai dengan berakhirnya masa jabatan Gubernur, Bupati/Walikota, Camat dan Lurah/Kepala Desa.

Sementara untuk pengangkatan dan pelantikan Pengurus TP PKK Kabupaten Kutai Barat ditetapkan mengacu pada ketentuan tersebut, dengan Keputusan Bupati dan dilantik oleh Bupati selaku Ketua Pembina TP PKK Kabupaten. Kemudian bagi Ketua TP PKK Kabupaten Kutai Barat ditetapkan dan dilantik oleh Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Timur pada pertengahan bulan April 2021 dalam waktu dekat.

Penulis: Dhea, Editor: Hermanto

.

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id