Rakor BPBD dalam RPB dan Renaksi.  Selasa (29/10/2019)

Rakor BPBD dalam RPB dan Renaksi. Selasa (29/10/2019)

Asisten 1 Setdakab Kutai Barat memimpin Rakor BPBD dalam RPB dan Renaksi.(hms36).kutaibaratkab.go.id

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengadakan Rapat Koordinasi Pimpinan OPD Dalam Rangka Penyusunan Rencana Penanggulang Bencana (RPB) Dan Rencana Aksi (Renaksi) Tahun 2019, bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 Kantor BP3D, Kamis (24/10)lalu.

Kepala BPBD Jenton menjelaskan Rakor ini berlangsung selama satu hari yang diikuti perwakilan OPD, Camat dan Perusahaan se-Kubar, dengan tujuan menyamakan persepsi tentang penanganan bencana dan anggaran pembiayaan yang dibutuhkan, karena BPBD tidak bisa bekerja sendiri dan harus melibatkan semua pihak dalam penanganan bencana di Kubar, Semoga melalui kegiatan ini menjadi ajang untuk saling memberikan masukan untuk mendukung ketahanan wilayah di Kutai Barat terkhusus dalam kaitan  penyusunan RPB yang mana hal tersebut sangat penting dalam mendukung RPJMD dan Renstra BPBD Kabupaten Kutai Barat Dalam Penanggulangan Bencana.

Bupati Kutai Barat FX.Yapan dalam sambutan yang dibacakan  Asisten 1 Bidang Pemerintah, Hukum dan Kasra Setdakab. Kutai Barat Misran Effendy menjelaskan, “Pencegahan dan penangulangan bencana tidak dapat dilakukan secara parsial masing-masing pihak namun perlu adanya kerjasama yang baik antar stakeholders yang ada dan juga didukung oleh regulasi yang menjadi acuan dalam penanganannya,” ucapnya.

Melihat keadaan wilayah Kutai Barat yang rawan akan bencana seperti kebakaran ataupun banjir tentu saja membuat kita harus waspada terhadap bencana yang terjadi. Oleh karena itu saya mengapresiasi atas pertemuan yang di inisiasi oleh Badan Penanggulangan Dan Bencana Daerah yang merupakan tindaklanjut dari penanganan bencana yang terus diupayakan oleh Pemerintah berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kutai Barat Nomor 12 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana yang didukung dengan Terbitnya SK Bupati Tentang  Tim Teknis Penyusunan RPB Dan Renaksi.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, “seluruh Peserta Rakor kiranya dapat memberikan sumbangsih nyata pemikirannya melalui forum ini, sehingga dengan masukan yang diberikan sungguh membantu penanganan  bencana di wilayah kita ini terlebih dengan melihat peserta yang juga dari Camat dan Perusahaan yang mengenali secara langsung daerah Kutai Barat ini pastinya saran sangat dibutuhkan. Berikut mengenai bencana yang notabene banyak berakar dari ulah oknum manusia, maka tidak perlu saling menyalahkan," Terangnya

Disini yang terpenting adalah kita harus berupaya memberikan kontribusi maksimal dalam penanganannya dan tidak hanya itu untuk mencegah agar tidak terjadi bencana. Mari kita terus berupaya memberikan kontribusi maksimal dalam penanggulangan bencana demi ‘Hari Esok Yang Lebih Baik Daripada Hari Ini’ (hms36)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

kubar

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemkab@kutaibaratkab.go.id