Pohon Buah Lokal Dan Pohon Produksi Yang Mulai Langka, Masyarakat Diminta Peduli Dan Lestarikan Hutan. Jum’at (26/07/2019)

Pohon Buah Lokal Dan Pohon Produksi Yang Mulai Langka, Masyarakat Diminta Peduli Dan Lestarikan Hutan. Jum’at (26/07/2019)

Tengah Bupati Kutai Barat menanam pohon Buah Lokal, dihutan Hemaq Beniung. Kominfo Lsr.kutaibaratkab.go.id

KOMINFOKUBAR - SENDAWAR - Dalam rangka mendukung program Lingkungan Hidup, Bupati Kutai Barat beserta Wakil Bupati Kutai Barat, menanam pohon di Hutan Adat Hemaq Beniung di Kampung Juaq Asa Kecamatan Barong Tongkok, Jumat (26/07/2019).

Dikatakan oleh FX. Yapan di Hutan Adat Hemat Beniung, Kampung Juaq Asa Kecamatan Barong Tongkok - Kutai Barat sudah memiliki SK dari Presiden RI dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Maka dari itu kita harus memelihara, melindungi dan menanam pohon-pohon yang produktif seperti Kayu Besi (ulin), Bengkirai, Meranti dan buah-buahan lokal. "Ini harus dilakukan agar anak cucu kita dapat melihat dan merasakan buah-buah lokal dan pohon produksi," Harap Bupati Kutai Barat didampingi Wakil Bupati Kutai Barat usai menanam pohon

Dijelaskannya bahwa Pemerintah Kabupaten Kutai Barat telah membuat program untuk penanaman pohon untuk mendukung Program Lingkunagan Hidup.  Selanjutnya untuk Taman Kota Sendawar akan dibuatkan taman baca.

Hal senada juga dikatakan Wakil Bupati Kutai Barat Edyanto Arkan bahwa Hemaq Beniung merupakan kesepakatan masyarakat dan ini milik komunal yang harus ditaati ketentuan-ketentuan oleh masyarakat.  Hutan Adat ini tidak boleh dimanfaatkan untuk ekploitasi seperti kegiatan penebangan atau kegiatan produksi lainnya tetapi hanya boleh dimanfaatkan untuk kegiatan berwisata, kegiatan sosial dan penelitian dan harus di taati oleh seluruh masyarakat adat maupun masyarakat pendatang.

"Jadi jangan lagi ada masyarakat merasa orang lokal boleh tebang dan potong pohon dalam konsesi ini.   Kedepan  akan dikembangkan Hemaq-Hemaq lainnya salah satunya Hemat Pasek dan beberapa Hemaq yang masih diusulkan dan ini merupakan kearifan lokal untuk menjaga hutan dan kelestarian lingkungan," Terang Wakil Bupati Kutai Barat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kutai Barat Ali Sadikin mengatakan pada acara penanaman ini sekitar 600 bibit Pohon yang berjenis lokal. "Seperti : Ulin, Bengkirai, Meranti, Keramuq,  Ridatn, Gitant, rambutan jenis lokal dan lainnya," Terangnya.

Hutan Adat Hemaq Beniung  di Kabupaten Kutai Barat Kalimantan Timur merupakan yang pertama disetujui oleh Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan pada tahun 2019, "Kita harus menjaga dan merawatnya teruma oleh Masyarakat Adat Kampung Juaq Asa Kecamatan Barong Tongkok ini," Jelasnya kepada Media.

“Masyarakat dihimbau agar menjaga lingkungan, dan berhati - hatilah melakukan kegiatan pembakaran lahan yang dapat menimbulakan Bencana Kebakaran seperti aktivitas buka lahan kebun harus dilaporkan dan membuat Skat bakar karena ini memasuki musim panas atau musim kemarau tentu sangat rawan kebakaran," Tegasnya. Kominfo Lsr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

kubar

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemkab@kutaibaratkab.go.id