Peran Aktif Masyarakat, Dapat Sukseskan PK 21 Menuju Keluarga Yang Berkualitas

(Kiri) Bupati beserta Ibu, Saat ikuti pendataan perdana oleh petugas didampingi Plt. Kepala Dinas P2KB3A Kutai Barat dan Camat Barong Tongkok. Foto: Welin (Dinkominfo)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Dalam rangka membangun keluarga yang berkualitas dan menyukseskan program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada pendataan keluarga tahun 2021, Pemerintah Kutai Barat melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) melakukan pencanangan perdana Pendataan Keluarga 2021 (PK21). Di kediaman Bupati Kutai Barat. Kamis (01/04)

PK 21 merupakan kegiatan lima tahunan BKKBN dengan tujuan mendapatkan data keluarga di Indonesia sesuai amanat undang-undang No 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga (Pasal 41 dan 49), yang diperkuat dengan peraturan Pemerintah No 87 Tahun 2014 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, keluarga berencana dan system informasi keluarga (Pasal 53).

Peraturan tersebut mendukung penyelengaraan perkembangan program kependudukan keluarga berencana pembangunan keluarga (KKBPK) melalui data dan informasi keluarga yang dikelola dalam system informasi keluarga (SIGA).

Bupati Kutai Barat FX Yapan memberikan apresiasi kepada DP2KBP3A Kutai Barat yang telah melaksanakan program PK21. Hal ini penting karena merupakan dasar, dalam pengambilan kebijakan untuk menyukseskan program pemerintah menuju keluarga yang berkualitas.

“Saya berharap kepada seluruh masyarakat Kutai Barat untuk berpartisipasi dalam menyukseskan PK21 ini, mulai dari kepala kampung sampai ketingkat RT untuk saling bersinergi dalam membantu petugas-petugas mendata dilapangan dengan memberikan informasi sesuai dengan fakta dan tidak ditutup-tutupi, agar data yang diperoleh merupakan data yang benar dilapangan sehingga nanti untuk perencanaan kebijakan tidak mengalami kesulitan ataupun kesalahan karena data yang tidak akurat,” ungkapnya mengimbau.

Sementara Plt. Kepala Dinas P2KB3A Bahtiar mengatakan, mulai hari ini tanggal 1 April sampai dengan 31 Mei akan dilakukan pendataan oleh kader-kader pendata, melalui kegiatan pendataan perkeluarga dalam setiap RT.  Kemudian data tersebut akan disampaikan ke tingkat Kecamatan dan diolah kedalam manejer data dari masing-masing kampung atau kelurahan dari 16 Kecamatan di Kabupaten Kutai Barat.

Para kader pendata yang berjumlah 572 orang akan melakukan pendataan kepada warga 837 RT  di Kutai Barat selama dua bulan mulai; 1 April – 31 Mei 2021 mendatang. “Pendataan ini penting sebagai penyedia data dan informasi keluarga untuk mendukung pelaksanaan oprasional manejemen program kependudukan keluarga berencana nasional, dalam hal ini data yang akan diperoleh akan dipergunakan dalam perencanaan kebijakan intern BKKBN dan para pihak yang berkepentingan untuk menggunkan data kita,”pungkasnya.

 

Penulis: Welin, Editor: Hermanto

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id