Penuhi Kebutuhan Lokal, KNPI Kutai  Barat Kembangkan Peternakan Sapi Pedaging

Bupai Kutai Barat, saat meninjau kandang peternakan Sapi. Foto: Reynaldi (Dinkominfo)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Bupati Kutai Barat meresmikan peternakan sapi ditandai dengan simbolis pengguntingan pita pada pintu kandang yang dapat menampung 125 ekor Sapi pedaging dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) PT Berkah Salama Jaya dengan Bankaltimtara untuk peningkatan perekonomian melalui bidang peternakan. dihadiri oleh Perwakilan Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Timur, Kepala Dinas Pertanian Kutai Barat, Ketua KNPI Kutai Barat, Direktur PT. Berkah Salama Jaya dan Camat Damai. di Pegalaq Kampung Keay Kecamatan Damai, Rabu (7/4)

Kapasitas Kandang berjarak 2 kilo meter persegi dari jalan poros Kutai Barat-Samarinda ini, menampung peternakan sapi sebanyak 125 ekor, jenis sapi pedaging yang berumur dewasa atas kerjasama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kutai Barat, PT. Berkah Salama Jaya, Pertamina Regional Kalimantan, dan Bankaltimtara, dalam rangka mendukung peningkatan perekonomian masyarakat bidang peternakan, agar terpenuhinya pasokan kebutuhan daging sapi masyarakat Kutai Barat.

Bupati Kutai Barat FX. Yapan mengatakan, Pemerintah daerah sangat mengapresiasi kegiatan yang menunjukkan peran aktif dan kepedulian dalam membangun Kutai Barat. Tugas dan tanggungjawab membangun bukan dibebankan pada pemerintah semata tetapi gerakan seluruh stakeholder baik perusahaan ataupun organisasi.

“kerjasama KNPI dengan PT. Berkah Salama Jaya, yang terjalin ini sangatlah baik, upaya ini dapat menjadi pendorong majunya kelompok tani, terutama yang terlibat dalam pengembangannya,” tegasnya.

Dengan dilaksanakannya MoU dengan Bankaltimtara ini juga menjadi stimulan untuk pengembangan kedepannya, “Selain Sapi jantan yang digemukkan, tersedia pula sapi betina sebagai bagian dari proyek pengembangan peternakan ini nantinya. program ini diharapkan dapat berjalan sesuai perencanaan dan outputnya bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dalam skala jangka panjang,” harap Bupati.

Lebih lanjut Bupati Kutai Barat mengemukakan, sinergitas tetap terjalin dengan Dinas Pertanian Kutai Barat dan Dinas Peternakan Provinsi Kaltim, agar program ini dapat dikembangkan dan ada pembinaan secara rutin oleh Dinas atau Badan terkait sehingga dapat berkelanjutan. “Kemudian yang lebih penting adalah kegiatan ini dapat berdampak bagi warga Kampung Keay dan Pihak Perusahaan  disekitar wilayah ini melalui CSR dapat juga mengambil peran dalam memajukan peternakan ini,” pungkas Bupati

Sementara menurut Ketua KNPI Arjan mengatakan, KNPI Kutai Barat sangat mengapresiasi dan antusias terhadap kegiatan yang diselenggarakan ini, malalui kegiatan ini fungsi dan peran nyata KNPI di tengah-tengah masyarakat Kutai Barat. “Tantangan dan persaingan yang kompetitif, menuntut pemuda melalui wadah KNPI dapat lebih terlibat proaktif dalam mendukung pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Kutai Barat, Prospek kedepan Kutai Barat sangat memungkinkan menjadi sentral peternakan sapi untuk Kalimantan Timur,” harapnya.

Penulis: Reynaldi, Editor: Hermanto

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id