Pemkab Kutai Barat, Yang Dipimpin Asisten II Setdakab Kutai Barat,  dan Dinas Lingkung Hidup Kabupaten Kutai Barat Meninjau Langsung Lokasi PT. Kencana Wilsa, Kampung Ongko Asa Kecamatan Barong Tongkok

Pemkab Kutai Barat, Yang Dipimpin Asisten II Setdakab Kutai Barat, dan Dinas Lingkung Hidup Kabupaten Kutai Barat Meninjau Langsung Lokasi PT. Kencana Wilsa, Kampung Ongko Asa Kecamatan Barong Tongkok

Masyarakat Ongko Asa menolak hadirnya PT Kencana Wilsa yang sebagian wilayah ijin usaha pertambangannya masuk di wilayah desa tersebut. Pihaknya menuntut pencabutan Ijin usaha pertambangan perusahaan tersebut karena diduga belum memenuhi syarat penambangan yang baik.

Pemerintah Kabupaten Kutai Barat dipimpin Asisten II Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kestra Setdakab. Kutai Barat, Ayonius bersama Kepala Dinas lingkungan Hidup Ali Sadikin dan Kepala teknik tambang –KTT PT. Kencana Wilsa serta pihak terkait turun langsung ke lokasi kegiatan yang bermasalah dan mengecek langsung terminal khusus batu bara PT. Kencana Wilsa di Kampung Muara Benangaq Kecamatan Melak dan Kampung Ongko Asa KecamatanBarong Tongkok pada selasa 26/09/2018.

Tinjauan tersebut menindak lanjuti upaya masyarakat Ongko Asa menggelar aksi di kantor Dinas Lingkungan Hidup yang menolak adanya aktivitas  tambang PT. Kencana Wilsa yang  wilayah kerjanya di kampung Ongko Asa Kecamatan Barong Tongkok, yang berlangsung diruang Rapat kantor Dinas lingkungan Hidup Kutai Barat sehari sebelumnya.

Asisten II Ayonius saat melihat secara langsung di lapangan mengungkapkan bahwa kewenangan pemerintah Kabupaten Kutai Barat hanya melakukan pengawasan lingkungan kepada perusahaan tambang, sementara perizinan baik pemberian atau pencabutannya adalah kewenangan pemerintah provinsi Kaltim.

Membangun Kutai Barat kita membutuhkan investor, namun dalam menjalankan kegiatan usahannya ada beberapa aturan yang harus di penuhi sesuai ketentuan yang berlaku. Hasil tinjauan bersama diharapkan para pihak khususnya masyarakat di wilayah lokasi perusahaan, sama – sama menjaga kebersamaan karena moto kita adalah Kabupaten Kutai Barat Beradat, yang salah satu maknanya adalah segala persoalan dapat diatasi dengan sempekat (musyawarah mufakat), dan pemerintah Kutai Barat mengapresiasi upaya masyarakat Ongko Asa yang mengkritisi kehadiran perusahaan ini adalah untuk arah yang lebih baik, pemerintah selanjutnya akan mengevaluasi aktivitas penambangan PT. Kencana Wilsa ini sesuai ketentuan yang berlaku.

Sementara menurut Kepala Dinas Lingungan Hidup Ali Sadikin menyampaikan kepada PT. Kencana Wilsa agar tidak melakukan kegiatan sebelum menyelesaikan permasalahan yang ada baik masalah sosial masyarakat maupun masalah lainnya, sehingga investasi berjalan aman dan kondusif. Kominfo21.diskominfo.kutaibaratkab.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

kubar

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemkab@kutaibaratkab.go.id