Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan Agar Berkontribusi Dalam Pembangunan.

Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan Agar Berkontribusi Dalam Pembangunan.

Kedua Kanan Bupati Kutai Barat Ikuti Prosesi Adat Bahau. kominfo Ary.kutaibaratkab.go.id

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Etnis Dayak Bahau di Kutai Barat terdata lebih kurang 8.000 jiwa, tersebar dibeberapa kampung di wilayah Kecamatan Tering dan Long Iram yang terhimpun dalam Kerukunan Suku Dayak Bahau yang disebut Hinaq Ayaq Bahau Maran (HABAMA), menyelenggarakan musyawarah besar sekaligus pengukuhan pengurus organisasi tersebut. Daya Bahau memiliki berbagai tradisi yang khas antaralain tarian topeng atau lebih dikenal dengan tarian ‘Hudoq-nya’ serta masih banyak lagi seni dan budaya dari salah satu etnis dayak di Kutai Barat ini. Berlangsung meriah di Looq Bahau Taman Budaya Sendawar Kutai Barat. Jumat 14 febuari 2020.

Kegiatan musyawarah dan pengukuhan organisasi tersebut didukung penuh Pemerintah Kutai Barat melalui upaya pemberdayaan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kutai Barat agar kehadiran organisasi kemasyarakatan seperti HABAMA dapat berkontribusi dalam pembangunan di Kutai Barat. Hadir dan membuka musyawarah besar Bupati Kutai Barat didampingi Asisten II Sedakab Kutai Barat sejumlah kepala perangkat daerah serta anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur Verdiana Wang selaku tokoh Suku Dayak Bahau asal Kecamatan Tering.

Bupati Kutai Barat FX. Yapan saat menyampaikan sambutan mengatakan, sangat mengapresiasi dengan diselengarakannya Mubes suku dayak bahau ini dan berharap nantinya dapat menghasikan rekomendasi-rekomendasi dan masukan kepada pemerintah berkaitan dengan pembangunan di Kutai Barat. selanjutnya berharap kerukunan HABAMA ini dapat menjadi mitra pemerintah dalam segala bidang.

Sementara menurut kepala DPMK Faustinus Syaidirahman mengatakan, kegiatan mubes dan pengukuhan ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam melakukan pembinaan kelembagaan serta melestarikan budaya yang ada disetiap entis di Kutai Barat, sehingga dapat berpengaruh dalam segala aspek kehidupan dan pembangunan. Kominfo Ary.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

kubar

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id