Momentum Hari Guru Nasional Dan Hut PGRI Ke-75, Memotivasi Para Guru

Sekdakab Kutai Barat, Saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Foto: Aryo (Diskominfo)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Para Pahlawan tanpa tanda jasa, kata itu tentu tidak asing untuk mengapresiasi begitu besar jasa guru untuk mencerdaskan putra dan putri indonesia. Pada hari guru nasional dan HUT PGRI yang ke-75 tahun 2020 ini, pemerintah Kutai Barat memperingatinya dengan menyelenggarakan acara syukuran melalui aplikasi Zoom mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19, sehingga tidak memungkinkan untuk diselenggarakan upacara peringatan seperti biasanya. Dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Barat, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutai Barat, Perangkat daerah lainnya di lingkungan pemerintah Kutai Barat dan jajaran pengurus PGRI kabupaten Kutai Barat. Berlangsung di Auditorium Aji Tulur Jejangkat Stdakab Kutai Barat. Rabu 25 november 2020

Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Barat Ayonius membacakan sambutan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan, guru memiliki peranan yang sangat mulia dan strategis dalam menentukan masa depan bangsa, untuk itu berbanggalah menjadi seorang guru.

“Melalui moment hari guru ini para guru dapat semakin termotivasi dan bangkit untuk mewujudkan kemardekaan dalam belajar, guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kutai Barat,” jelasnya.

Selanjutnya dalam situasi pandemi seperti ini, sistem pembelajaran yang semula tatap muka secara langsung hurus digantikan dengan sistem daring atau online hal ini hendaknya jangan membuat kita menyerah tetapi harus terus berjuang demi keberlanjutan pembelajaran bagi anak – anak didik kita walau ditengah keterbatasan.  “Saya sangat terharu melihat perjuangan bapak dan ibu guru dalam mencari solusi untuk terus memberikan pembelajaran bagi para murid,” tegasnya.

Kementrian pendidikan terus berusaha untuk meningkatkan kualitas dan berupaya memenuhi hak tenaga pendidik melalui kebijakan rekrutmen guru ASN pengembangan pendidikan pengembangan profesionalisme dan peningkatan kesejahteraan guru.

Acara yang dilangsungkan melalui aplikasi zoom tersebut, diikuti para guru sebagai participan dari seluruh sekolah mulai tingkat Paud hingga menengah atas dalam wilayah Kabupaten Kutai Barat berlangsung khidmat,  yang diawali pembacaan sejarah PGRI hingga pengucapan sumpah dan janji guru, pembacaan puisi sebagai apresiasi atas perjuangan para guru dan ditutup dengan parade karya guru serta siswa ditengah masa pandemi.

 

Penulis: Aryo, Editor: Hermanto

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id