Memastikan Perayaan Paskah Berjalan Tertib, Aparat Keamanan Bersiaga Ditiap Gereja.

Aparat Keamanan Gabungan, Saat bersiaga disalah satu gereja Katolik Center Sendawar. Foto: Lilis (Dinkominfo)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Kegiatan perayaan paskah berjalan dengan tertib dan aman meskipun disituasi pandemi Covid-19. Hal ini karena peran penting aparat keamanan gabungan dari jajaran unsur TNI-Polri, Satpol PP hingga Dinas Perhubungan yang selalu siaga mengamankan sebanyak 100 gereja yang berada di Kabupaten Kutai Barat, Minggu (04/04).

Kapolres Kutai Barat melalui Kabag OPS Polres Kutai Barat, Kompol Dika Yosep Anggara mengungkapkan jajaran Polres Kutai Barat menyiagakan sebanyak 245 personil yang disebar diseluruh gereja dengan melaksanakan keamanan yang dibekali senjata lengkap.

“Untuk hari Paskah di Kabupaten Kutai Barat dan Mahulu melaksanakan pengamanan, kita terjunkan 245 personil di 100 Gereja yang tersebar di Kutai Barat dan Mahakam Ulu,” ungkapnya.

Disampaikannya lebih lanjut selama Tri hari Suci yang terdiri dari Kamis Putih, Jumat Agung dan Hari raya paskah keadaan dinyatakan berjalan dengan aman, kondusif hingga selesai dan lancar. Disamping itu perayaan paskah seluruh jemaat dan petugas tetap menerapkan protokol kesehatan Corona Virus Diseace (Covid-19) seperti memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan menjaga jarak.

Sebelum memasuki Gereja, petugas melakukan sterilisasi tempat Ibadah menggunakan alat pendeteksi bom atau metal detctor. Sebelum memasuki gereja setiap jamaah terlebih dahulu diperiksa secara ketat oleh aparat gabungan yang berjaga,

“Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh aparat yang telah berdedikasi melakukan penjagaan, sehinga perayaan paskah dapat berjalan tertib dan aman,” ungkap Seprianus salah satu warga Barong Tongkok yang mengikuti pelaksanaan paskah tersebut.

 

Penulis: Lilis, Editor: Hermanto