Masih Dalam Pandemi Covid-19, Laksanakan Program Guru Kunjung/Jalan Dan Kubar Jaji

Bupati Kutai Barat, Saat diwawancarai media. Foto: Lilis (Dinkominfo)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Tingkatkan mutu pendidikan dikondisi Pandemi Corona Virus Diseace (Covid 19), Momen Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021, dengan tema, ‘Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar’. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) upayakan program guru kunjung/jalan dan Kubar Jajie demi tetap terlaksananya pendidikan di Kabupaten Kutai Barat.

Bupati Kutai Barat FX Yapan menyampaikan, Situasi pandemi tidak menyurutkan langkah untuk meningkatkan mutu pendidikan, kegiatan pendidikan harus tetap berjalan dalam membangun kecerdasan bangsa. Apalagi kondisi Kutai Barat yang masih banyak kendala khususnya diwilayah tertentu belum terjangkau jaringan teknologi informasi seperti; akses internet.

“Seperti yang kita ketahui, kondisi jaringan internet dan seluler di Kutai Barat memiliki kendala tersendiri. Selama pandemi, kegiatan pembelajaran tatap muka harus ditiadakan dan diganti dengan pembelajaran jarak jauh secara daring. Namun tidak semua wilayah disini yang bisa melakukan metode daring tersebut,” tegas Bupati. Selasa (4/05).

Lebih lanjut dijelaskannya  keterbatasan dan kendala tersebut, dalam kegiatan pendidikan di Bumi Tanaa Purai Ngeriman ini, pemerintah terus mencari cara dan langkah nyata melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Barat, seperti program yang diberi nama guru kunjung/jalan.

Program ini pun sudah dilakukan dan dijalankan untuk bisa terus menjaga mutu pendidikan didalam kondisi pandemi Covid-19. “Ada program guru kunjung atau guru jalan bagi wilayah yang memang belum terjangkau akses internet yang kita jalankan. Semoga dengan program ini bisa membantu meningkatkan dan menjaga mutu pendidikan dalam kondisi pandemi,” tambahnya.

Disampaikan oleh Kepala Disdikbud Kutai Barat Silvanus Ngampun, adanya program guru kunjung/jalan, merupakan upaya agar kegiatan proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik, pendidikan anak-anak dapat terpenuhi dan anak didik dapat melaksanakan kewajibannya dalam belajar.

“Karena pembelajaran tidak bisa dilaksanakan secara daring, maka dapat dilaksanakan secara luring. Pembelajaran secara luring dilakukan dengan pemberian tugas yang diantar kerumah siswa. Selain itu juga merupakan tugas para guru dapat berkunjung kerumah siswa untuk memantau dan mendampingi siswa, ini yang dikatakan guru kunjung/jalan,” terang Kadisdik.

Disampaikanya lebih lanjut bahwa program guru kunjung/jalan dan program Kubar Jaji ini sudah lama berjalan, yang mana program tersebut untuk tingkat SD dan SMP. Dan telah bekerjasama dengan RRI Sendawar.

“Saat ini kami juga ada program Kubar Jaji yakni pengajaran secara live dimana siswa dan guru dapat berinteraksi. Pelaksanaan pembelajaran melalui  Kubar Jaji untuk jenjang SD hari Senin dan SMP hari Kamis dapat diakses melalui zoom, Chanel YouTube Kubar Jaji dan RRI Sendawar,” pungkasnya.

Penulis: Lilis, Editor: Hermanto

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id