Maksimalkan  Potensi Di Sektor Peternakan, Tingkatkan Pembinaan Bagi Peternak

(Tiga dari Kiri) Sekdakab Kutai Barat, potong Pita tandai pemanfaatan kadang Sapi. Foto: Andreas (Dinkominfo)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Kutai Barat meresmikan pemanfaatan kandang sapi kelompok Ternak Lambing Makmur, simbolis ditandai dengan pengguntingan pita, didampingi Kepala Dinas Pertanian, Kepala Perangkat Daerah, dan warga Kelompok Ternak Lambing Makmur, berlangsung di kampung Lambing, Kecamatan Muara Lawa. Kamis (8/4).

Sekdakab Kutai Barat Ayonius mengatakan, dengan terselenggaranya agenda seperti ini dapat menigkatkan perekonomian masyarakat muara lawa melalui bidang peternakan. Sebagai daerah penyangga Ibu Kota Negara, maka setiap sektor perlu dipersiapkan salah satunya dibidang peternakan. “oleh karena itu mari kita terus mendukung dan menggerakan setiap kecamatan yang memiliki potensi untuk dilakukan pembinaan malalui Dinas, Badan terkait dan swasta seperti; PT Berkah Salama Jaya ini,”harapnya mengimbau.

Ketersediaan sarana peternakan seperti; kandang dan pakannya mutlak diperlukan  agar bantuan sapi yang disediakan oleh PT Berkah Salama Jaya dapat dimanfaatkan secara optimal. Selanjutnya dinas pertanian, Camat, kepala desa dan PPL dapat bersinergi, bekerja sama agar program ini dapat meningkatkan perekonomian warga dalam jangka panjang. “Teruma pembinaan kepada kelompok peternak, seperti; pengetahuan penyimpanan pakan ternak dan kesehatan ternak sehingga dapat menyukseskan program ini,” tegasnya.

Ketua Kelompok peternak Sepanto mengatakan, kelompok ternak sapi ini adalah cabang dari induk yang bermitra dengan PT Berkah Salama Jaya yang baru saja diresmikan kemarin oleh Bupati Kutai Barat, dengan anggota sebanyak 20 orang, program penggemukan Sapi pedaging 3 bulan panen dengan pinjaman modal  usaha dari dana CSR Pertamina.

Usaha pengembangan sapi pedaging ini, diperlukan ketersediaan pakan secara konsisten maka langkah awalnya kelompok ternak untuk mengelola lahan seluas 2 hektar  untuk menanam bibit rumput gajah dilokasi peternakan ini dengan sistem pinjam pakai, milik salah satu anggota kelompok Ternak.

“Semetara bangunan kandang yang menampung sebanyak  104 ekor sapi dan kedepan akan ada penambahan bangunan kandang hingga dapat menampung sebanyak 500 ekor sapi dan sekaligus pembibitan ternak Sapi pedaging, supaya tidak bergantung bibit ternak Sapi dari luar,” jelasnya menambahkan.

Penulis: Andreas, Editor: Hermanto

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id