Listrik Sudah Menerangi 162 Rumah Penduduk Long Daliq.

(Tengah) Bupati Kutai Barat, menekan tombol sirine simbolis resmikan listrik kampung Long Daliq. Foto: Firdaus (Diskominfo)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Bangun sinergitas untuk menyediakan sumberdaya listrik Pemerintah Daerah Kutai Barat dengan PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Rayon Melak menyambungkan listrik untuk 162 rumah di Kampung Long Daliq Kecamatan Long Iram Kutai Barat. Rabu, 16 September 2020.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Kutai Barat FX. Yapan yang didampingi Wakil Bupati H. Edyanto Arkan Perwakilan PT. PLN Persero Rayon Melak Ajis Asari, Camat Long Iram Burhan, Perwakilan Polres Kutai Barat Anggota DPRD Kutai Barat Potit dan Petinggi Long Daliq Andreas Liah membunyikan sirine simbolis tandai penyalaan listrik kampong Long Daliq.

Bupati Kutai Barat FX. Yapan mengatakan, pemerintah Kutai Barat terus mengupayakan ketersediaan listrik yang merata diseluruh Kutai Barat tanpa terkecuali, oleh karena itu sangat diperlukan sinergi serta kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah dan pihak terkait dalam hal ini PT PLN Persero selaku penyedia listrik, untuk mewujudkan suksesnya salah satu misi Pemerintah Kabupaten Kutai Barat pada butir pertama, yakni peningkatan pembangunan infrastruktur dasar publik yang semakin merata ke seluruh kampung di Kutai Barat.

“Dengan adanya daya listrik yang masuk dikampung-kampung tentu secara langsung akan berdampak bagi kehidupan masyarakat, baik ekonomi maupun pendidikan, dan pembangunan  sesuai dengan visi misi pemerintah Kabupaten Kutai Barat 2016-2021 pembangunan infrastruktur dasar di utamakan,” jelasnya.

“kepada masyarakat yang memiliki lahan kosong supaya dapat dimanfaatkan untuk bercocok tanam dalam memenuhi kebutuahn pangan sehari-hahri, kemudian kepada kelompok tani, peternakan, perkebunan dan perikanan wajib membuat akta notaris karena bantuan dari pemerintah akan diberikan hanya untuk kelompok tani yang memiliki badan hukum, dan ini merupakan sebuah aturan yang harus diikuti,” pesan Bupati Kutai Barat.

Sementara menurut Kepala PT. PLN Persero Rayon Melak Ajis Asari mengatakan, dengan ketersediaan daya listrik dari PLN bisa memajukan perekonomian, pemerintahan dan pendidikan di Kampung Long Daliq.

“Pembangunan jaringan listrik dengan panjang 6,5 kilo meter dari Kampung Suko Mulyo dipasang dua unit terapo dengan lama pembangunan enam bulan menghabiskan dana sebesar  2,3 miliar. Dengan tersedianya jaringan PLN di Kampung Daliq masyarakat bisa menjadi pelanggan setia PLN.  Kemudian masyarakat dapat menjaga sarana listrik yang ada ini, seperti mendirikan bangunan dengan jarak aman tiga meter dari kabel PLN,”terangnya.

Petinggi Long Daliq Andreas Liah menyampaikan, terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kutai Barat dan PT. PLN Persero yang sudah mengupayakan listrik masuk kekampung Long Daliq, yang sebelumnya masyarakat kampung Long Daliq tinggal dalam gelap sekarang pada malam hari sudah terang, ini merupakan impian masyarakat bertahun-tahun.

Andreas Liah menambahkan, selain pemasangan kWh masyarakat hanya mengeluarkan uang sebesar tiga ratus ribu sisanya dibantu perusahaan PT. Kedap Sayaq (KS) melalui dana Corporate Social Responbility (CSR). “Masyarakatnya juga mengharapkan ada pembangunan infrastruktur berupa peningkatan jalan darat dari Long Iram ke Kampung Daliq, pembangunan Gedung Olah Raga, fasilitas transportasi air dan rumah adat,” pungkasnya.

 

Penulis: Firdaus, Editor: Hermanto

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id