Laksanakan Seruan, Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan (3M)

Pjs Bupati Kutai Barat, saat memasang Masker kepada salah satu pengguna jalan. Foto: Lilis (Diskominfo)

KOMINFOKUBARSENDAWAR, Tim keamanan Pemerintah Kutai Barat yang terdiri dari unsur Kodim 0912/KBR, Polres Kutai Barat, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan BPBD, melaksanakan kegiatan membagi 5000 Masker sebagai upaya meminimalisir penularan Corona Virus Diseace (Covid-19) dan sosialisasi protokol kesehatan dimasyarakat di wilayah Kabupaten Kutai Barat

Kegiatan yang diawali dengan apel gelar pasukan di Markas Kodim 0912  Kutai Barat. Dipimpin Dandim 0912/KBR Letkol Inf. Anang Sofyan Efendi menjelaskan, kegiatan ini serentak dilakukan di seluruh jajaran Kodim serta Koramil di seluruh wilayah Kalimantan Timur. Sementara di wilayah Kutai Barat ini semua unsur yang tergabung dalam tim keamanan pemerintah Kutai Barat hingga camat melaksanakan kegiatan seruan teritorial ini.

“Kita melaksanakan kegiatan seruan teritorial dalam rangka penegakan disiplin protokol kesehatan penanggulangan Covid-19, yang dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Kalimantan Timur yang dilaksanakan di Samarinda dipimpin langsung Gubernur, Kapolda dan Pangdam bersama-sama melaksanakan di wilayah Samarinda,” bebernya.

Dilanjutkannya bahwa Kalimantan Timur hingga hari ini, perkembangan kasus Covid-19, dinilai masih cukup tinggi dibeberapa kota dan kabupaten, dan juga masih dinyatakan dalam zona merah, sehingga hal tersebutlah yang mendasari kegiatan serbuan teritorial ini.

“Tahapan kegiatan serbuan teritorial antara lain disiplin menerapkan 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak) dan upaya untuk implementasi dilapangan yaitu dengan membagikan 5000 Masker, melaksanakan penyemprotan disinfektan di pasar dan membagikan sembako kepada korban yg terdampak covid-19, terutama bagi warga yang kurang mampu dan betul-betul membutuhkan,” tegasnya.

Kegiatan yang dihadiri Pjs Bupati Kutai Barat H.M Syirajudin mengatakan, bahwa dalam hal ini  pemerintah daerah menyatukan misi strategi yakni untuk mencegah penularan Covid-19 dan mengembalikan zona hijau di wilayah Kabupaten Kutai Barat. Selain memberikan teguran/peringatan juga membagikan 5000 masker bagi masyarakat pengendara yang melintas.

“Kegiatan penegakan protokol kesehatan, rutin setiap hari dilaksanakan, targetnya kita adalah agar terjadinya penurunan angka kasus positif Covid – 19 di wilayah Kutai Barat,” harapnya.

“Saya sangat mengapresiasikan sebesar-besarnya  tim garda terdepan yang terjun langsung dalam penegakan protokol kesehatan karena merekalah yang berperan utama mengatasi pandemi covid-19 di Kabupaten Kutai Barat. Semoga tetap semangat dan menjadi motivasi dalam Kondisi pandemi ini,” pungkasnya.

Penulis: Lilis, Editor: Hermanto

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id