Kubar dan PPU Jalin Kerja Sama

Tingkatkan Infrastrukur, Ekonomi, kebudayaan dan Pariwisata 

 SENDAWAR – Rabu (24/5) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) mendapat kunjungan kerhormatan dari Penajam Paser Utara (PPU). Sekitar pukul 09.00 Wita, Bupati PPU Drs H Yusran Aspar ,M.Si bersama sejumlah pejabat di daerah setempat bertandang ke ‘Tanaa Purai Ngeriman.

Kedatangan orang nomor satu di tanah gerogot ini disambut dengan tangan terbuka oleh Bupati Kubar FX Yapan SH, yang didampingi para pejabat teras dilingkungan Pemkab Kubar.

Melalui pertemuan itu dilakukan penadatanganan Memorandum of Understanding (MoU) untuk menciptakan keterpaduan pembangunan antar daerah dan mewujudkan efisiensi, efektivitas dan sinergi dalam pelayanan kepada masyarakat dan pemanfaatan sumber daya.

Dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan publik, perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat di bidang Infrastrukur, Ekonomi, Kebudayaan dan Pariwisata, serta Tata Batas wilayah, yang dilaksanakan di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat.

Disela – sela acara itu Bupati PPU juga menyerahkan bantuan uang Rp 150 juta dan sembako bagi korban banjir di Kubar.  Bantuan ini diberikan tidak ada niat lain, murni dan tulus untuk membantu dan meringankan beban warga yang tekena musibah banjir di Kubar.

“Karena sudah menjadi komitmen Pemkab PPU disetiap ada musibah selalu berpartisipasi dalam memberikan bantuan, seperti gempa di Aceh, Sinabung, Gunung Berapai, Yogyakarta, dan Manado, sekali lagi bantuan ini merupakan bentuk kepedulian kami bagi saudara-saudara kami di Kubar,” terang Bupati Yusran Aspar.

Hal itu diterima dengan tangan terbuka oleh Bupati Kubar FX Yapan SH. Ia  menyambut hangat kedatangan Bupati PPU  beserta rombongan, yang merupakan suatu kehormatan dan kebahagiaan yang mendalam bagi Pemkab Kubar.

“Hal ini dinyatakan dalam maksud dan tujuan kunjungan kerja Bupati PPU membawa dua agenda yang sangat penting bagi pembangunan Kubar dan PPU secara berkelanjutan serta bentuk perhatian dan kepedulian sosial atas permasalahan sosial kemanusiaan yang tengah dihadapi oleh Kubar khususnya musibah banjir.

“Semoga melalui MoU ini dapat semakin mendukung terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan kedua belah pihak  yang  lebih maju dan berkembang lagi dimasa mendatang,”ujarnya.

Selanjutnya teriring ucapan yang sama atas besarnya kepedulian Pemkab PPU atas permasalahan yang tengah menimpa Kabupaten ini. Dimana sebanyak 95 kampung yang terletak di 15 kecamatan dari 16 kecamatan wilayah Kubar ini baru saja terkenan musibah banjir akibat meluapnya debit air sungai Mahakam.

FX.Yapan juga menuturkan bahwasanya Pemda Kubar ingin terus meningkatkan efektifitas penyelenggaraan pemerintah dan pengelolaan pembangunan. Selanjutnya mempercepat pertumbuhan ekonomi penduduk setempat.” Kami perlu melakukan perbaikan kerangka pengembangan ekonomi daerah berbasiskan potensi lokal. Dengan dikembangkannya daerah yang otonom, memberikan peluang bagi kami untuk menggali berbagai potensi ekonomi daerah yang potensial,” jelasnya. (ADV/hms10/NAW).

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id