Kerjasama Stakeholder, Dapat Atasi Kasus Stunting Di Kutai Barat

(Tengah berpeci) Bupati Kutai Barat, Saat membuka kegiatan  Sosialisasi Program Anakku Sehat dan Cerdas. Foto: Lilis (Dinkominfo)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Bupati Kutai Barat mengajak seluruh masyarakat Kutai Barat untuk memerangi stunting sehingga mulai tahun 2021 kasus stunting dapat dieliminasi. Kasus stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak seperti; tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya. Pada pembukaan diseminasi PGS-PL dan Sosialisasi Program Anakku Sehat dan Cerdas, di Ruang Aji Tullur Jejangkat (ATJ). Kamis (01/04) pagi.

Bupati Kutai Barat FX Yapan mengharapkan, melalui forum ini stakeholder dapat memanfaatkan untuk saling bertukar pendapat, bertukar pikiran dan saling berkoordinasi dalam menanggani stunting ini. “Mari kita seluruh pihak dapat memerangi stunting dengan harapan dapat mendorong target penuruan stunting khususnya di Kabupaten Kutai Barat mulai tahun 2021 ini,” tuturnya

Bupati mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dimana  ditekankan dengan Peraturan Bupati (Perbup) Kutai Barat nomor 24 tahun 2018 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, yang kuat kaitannya dengan penyegahan stunting terhadap anak/balita.

“Ayo hidup sehat dengan selalu mengkomsumsi sayur dan buah. Dan bagi orangtua yang memiliki bayi/balita mari menimbang dan memeriksakan bayi/balita setiap bulannya,” ajak Bupati saat menyampikan sambutan, didampingi Bunda Paud Yayuk Sri Rahayu, Sekretaris Daerah Ayonius, Plt. Assisten III Achmad Sopyan, dan peserta dari berbagai Perangkat Daerah (PD).

Ditambahkannya melalui kegiatan di posyandu kasus Stunting dapat ditelusuri dan terekam jejaknya disetiap kampung dan kecamatan. “Semoga Kutai Barat dapat menuntaskan stunting ini dan melahirkan anak-anak yang sehat dan cerdas,” pungkasnya.

Penulis: Lilis, Editor: Hermanto

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id