Kemenpan RB Berikan Pendampingan Sakip Bagi Pemkab Kutai Barat. Selasa (11/06/2018)

Tiga dari kiri Wakil Bupati foto bersama tim pendampingan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Kepada Pemkab Kutai Barat terkait Upaya Peningkatan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. kominfoDns.kutaibaratkab.go.id

DISKOMINFOKUBAR – JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melaksanakan pengutan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) didampingi oleh tim Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur Dan Pengawasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Ballroom Hotel Ambhara Jakarta.

Pendampingan SAKIP, didasari oleh hasil evaluasi implementasi SAKIP Pemerintah Kabupaten Kutai Barat tahun 2018 yang dilakukan oleh Kemenpan RB. Dengan mendapatkan nilai 56,23 dengan kategori “CC”, Poin tersebut menunjukan tingkat efektifitas dan efisiensi penggunaan anggaran masih rendah dan jika dibandingkan dengan pencapaian kinerjanya. Hal ini di sebabkan kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintah yang berorientasi pada hasil belum berjalan dengan baik dan perlu di lakukan perbaikan lebih lanjut, melalui kegiatan ini nantinya diharapkan akan memberikan persamaan pemahaman terhadap seluruh OPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kutai Barat.

Deputi Bidang Repormasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur  dan Pengawasan Muhaamad Yusuf Ateh menjelaskan perlu adanya perbaikan pada target kinerja RPJMD dan RENSTRA agar anggaran yang digunakan lebih memberikan manfaat bagi masyarakat yang lebih efektif dan efisien. “Adanya perubahan didalam pemanfaatan anggaran yang berorientasi kepada hasil agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di Kutai Barat,” Ia menambahkan.

Wakil Bupati Kutai Barat H. Edyanto Arkan yang hadir pada acara tersebut menjelaskan agar dengan pendampingan SAKIP ini agar visi, misi, target dan sasaran yang merupakan satu kesatuan dalam RPJMD sehingga program yang telah di susun dan sesuai visi misi yang di susun dari tahun 2016 hingga 2021, pendampingan ini untuk mendapatkan gambaran langsung dari kemenpan RB agar lebih tepat saran dalam penyusunan program yang sesuai dengan kebutuhan masyakarat.

“kita menyusun dokumen perencanaan yang konektifitasnya antara visi, misi, target, sasaran RPJMD kita merupakan satu kesatuan, adanya pendampingan ini lebih mempertajam lagi sasaran dan target yang kita capai sehingga program dapat sesuai dengan RPJMD yang sudah kita susun, nantinya dapat menjadi acuan bagi aparat kita dalam menyusun program aktual untuk dilaksanakan di lapangan. Mengingat keterbatasan dana dan waktu dalam RPJMD kita, sedangakan harapan masyarakat begitu banyak untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” Terang Wakil Bupati.

“kita selalu bicara pada target kinerja, kita harus ada perbaikan kepada RPJMD, perbaikan terhadap RENSTRAnya supaya kita pastikan bahwa anggaran itu digunakan ada manfaatnya untuk masyarakat yang lebih efektif dan lebih efisien bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Kutai Barat,” menambahnya.

Kegiatan pendampingan ini, dihadiri oleh Deputy Bidang Repormasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur  dan Pengawasan Muhaamad Yusuf Ateh, Sekda Kutai Barat Yacob Tullur, Tim Analis Kebijakan Pratama Kemenpan RB dan beberapa kepala OPD dan menandatangani Perjanjian Kinerja sebagai komitmen bersama seluruh kepala OPD sebagai bagian dalam Pencapaian Kinerja Pemerintah di Kabupaten Kutai Barat. Kominfo Dns.

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id