Kecamatan Jempang Tertinggi Kasus Covid-19, Tim Satgas Kutai Barat Lakukan Sosialisasi Penanganan Covid-19

(Kanan Berdiri) Sekdakab Kutai Barat, saat berikan arahan dengan jajaran Satgas Penanganan Covid-19. Foto: Jhonwesli (Humpro-SetdakabKutai Barat)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Kabupaten Kutai Barat terus melakukan berbagai upaya sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 lebih meluas dengan mengevaluasi bersama Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Kutai Barat dan Satgas Covid-19 Kecamatan dan Kampung dalam wilayah Kecamatan Jempang yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Barat Ayonius didampingi Kadiskes Kutai Barat, Kepala BPBD Kutai Barat, Kadishub Kutai Barat, Kasatpol PP Kutai Barat, Kadis Sosial Kutai Barat, Sekretaris Kesbangpol, Sekretaris Dinkes, Plt Kabag Pemerintahan,  Sekretaris Kecamatan Jempang, Kapolsek dan Danramil, perwakilan perusahaan serta petinggi dan kepala adat sekecamatan Jempang di Aula Kantor Kecamatan Jempang. Kamis, 26 November 2020.

Kecamatan Jempang kini menduduki kasus terkonfirmasi positif Covid-19 tertinggi di Kabupaten Kutai Barat, dengan total 63 kasus. Dengan tingginya kasus ini, kedisiplinan dan kewaspadaan warga jempang harus ditingkatkan untuk menekan kasus dan memutus mata rantai penyebaran covid-19 ini.

“Jika selama ini terjadinya kasus akibat masih kurang disiplin melakukan protokol kesehatan, mari Tim Satgas Covid Kecamatan dan Kampung kita sama-sama memberikan pemahaman kepada masyarakat, bawa untuk terhindar dari covid-19 harus patuh dengan protokol kesehatan dengan melakukan 3M sebagai pola hidup baru sehari-hari,” tegasnya.

Ditambahkannya, masyarakat tidak perlu panik dan tidak pula takut berlebihan dengan Covid-19, namun masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan dan tidak meremehkan Covid-19 ini. Virus ini ada dan menjadi ancaman yang tidak terlihat dan cara yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya yakni patuhi protokol kesehatan.

“Terjadi penambahan kasus, bisa saja masih banyak warga yang kurang menerapkan protokol kesehatan  melalui kesempatan ini kami ingatkan, agar camat, petinggi, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya Covid-19”. Harapnya.

Terkait kendala di Puskesmas Tanjung Isuy Kecamatan Jempang, yang belum memiliki parasara yang memadai untuk karantina terpusat di kecamatan, sehingga pasien harus melakukan karantina di rumah secara mandiri. Menurut Sekdakab Kutai Barat, Tim Satgas Kecamatan bisa berkoordinasi untuk menyiapkan tempat karantina terpusat di Kecamatan. Dan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan terkait kendala mobilisasi pasien dan obat-obatan bagi pasien yang terkonfirmasi positif yang melakukan karantina mandiri.

Masyarakat kecamatan Jempang diingatkan agar partisipasi dan tingkatkan kesadaran serta kewaspadaan terhadap Covid-19. Masyarakat jangan takut untuk melakukan pemeriksaan, jika mengetahui kondisi kesehatan lebih awal,  hal ini dapat memudahkan dalam penanganannya.

“Dalam waktu dekat Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kutai Barat akan melakukan Swab massal di kecamatan Jempang, inilah kesempatan bagi warga Jempang dengan penuh kesadaran untuk melakukan pemeriksaan. “Tidak perlu takut, datang memeriksakan diri untuk memastikan warga tidak terpapar dari Covid-19 ini,”pungkasnya berpesan.

Penulis: Welin, Editor: Hermanto

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id