Karya Siswa Dan Guru, Meriahkan Peringatan Hardiknas 2021 Di Kutai Barat

(Kiri) Kadisdikbud Kutai Barat, saat terima karya tulis para guru. Foto: Donni (Dinkominfo)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Memeriahkan Hari Pendidikan Nasional jatuh pada hari Minggu 2 Mei 2021. Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kutai Barat bersama Sinar Intan mengisi berbagai  rangkaian kegiatan, diantaranya menggelar festival kaya karya yang diikuti oleh para siswa, penyerahan karya buku dari peserta pelatihan kelas guru menulis dan ditutup dengan Kepala Dinas Pendidik dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kutai Barat, menyapa para pihak sekolah secara daring. Bertempat  di Kantor Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kutai Barat. Minggu (2/5).

Melalui berbagai karya yang diperlihatkan dalam peringatan hari pendidikan nasional. Kadisdikbud Kutai Barat Silvanus Ngampun menyebutkan hal itu bagian dari refleksi proses pendidikan. Karya yang dihasilkan oleh siswa dan guru terkait erat dengan greakan literasi sekolah seperti; pojok literasi sekolah, penulisan buku, dan karya para siswa.

“Ini merupakan bentuk kreativitas guru dan siswa, meskipun ditengah pandemi mereka tetap berkarya. Mencari suatu hal yang tidak membosankan, mereka juga belajar melakukan suatu yang bermanfaat sekaligus pembentukan pendidikan karakter, dan mereka dilatih untuk berkarya, berkreasi, yang dapat menyenangkan mereka,” ucapnya.

Dengan tema “bergerak serentak, wujudkan merdeka belajar” Silvanus Ngampun mengajak seluruh komponen dibidang pendidikan, mulai dari pegawai Disdikbud Kutai Barat, kepala sekolah, pengawas, guru, komite sekolah dan masyarakat untuk bersama bergerak memajukan pendidikan di Kutai Barat. Khusus program merdeka belajar yang dicanangkan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan.

Pembukaan festival kaya karya yang secara resmi dibuka oleh Kadisdikbud Kutai Barat, mengawali rangkaian peringatan hari pendidikan nasional di Kutai Barat. Kegiatan Festival yang diikuti oleh beberapa sekolah melalui zoom meeting, mulai tingkat sekolah dasar hingga menengah pertama, para siswa membuat karya seperti; membuat rumah-rumahan, hiasan, pajangan dan lain-lain. Seluruh hasil karya diunggah di media sosial (instagram) dengan mencantumkan tagar hardiknaskubar2021. Ditagar tersebut seluruh karya dipamerkan dimana para siswa menunjukkan karya mereka dengan mengenakan pakaian adat.

Usai pembukaan kepala dinas, jajaran pejabat dan pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutai Barat. Mengikuti upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional melalui siaran langsung upacara peringatan hardiknas di kanal youtube kemendikbud.

Pada momen peringatan Hardiknas 2021, Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kutai Barat menerima secara simbolis 2 karya tulis, karya para guru dari Kecamatan Damai Dan Jempang. Yang telah mengikuti pelatihan guru menulis dalam rangka optimalisasi gerakan literasi sekolah.

Penulis: Donni, Editor: Hermanto

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id