Jaga Kualitas Sumber Air Bersih, Satpol PP dan DLH Kutai Barat Tinjau Proses Pengelolaan Limbah Perusahaan

(Kiri) Kadis Lingkungan Hidup Kutai Barat, saat meninjau pengelolaan limbah minyak Kelapa Sawit. Foto: Aryo (Dinkominfo)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Pemerintah Kutai Barat melalui Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Lingkungan Hidup melakukan peninjauan pada stasiun bongkar muat  minyak Kelapa Sawit milik perusahaan perkebunan Kelapa Sawit yang beroprasi diwilayah Kabupaten Kutai Barat. Selasa (4/05)

Kegiatan peninjauan tersebut dilakukan bentuk pembinaan kepada perusahaan untuk dapat pengelolaan limbah agar tidak menimbulkan pencemaran lingkungn. Apalagi lokasi tempat beroprasinya stasiun bongkar muat tersebut yakni; dikampung Karang Rejo Kecamatan Melak ditepi sungai mahakam yang letaknya tidak jauh dari tempat pengelolaan air minum milik PDAM Tirta Sendawar.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Nadisius mengatakan, kegiatan peninjauan ini pada dasarnya Pemerintah Kutai Barat sangat mendukung adanya investasi dari perusahaan – perusahaan yang akan memberi dampak positif untuk pembangunan di Kutai Barat, seperti; terbukanya lapangan kerja.

“Berdasarkan pemantau Tim Satpol PP dan Dinas Lingkungan Hidup Kutai Barat, kagiatan stasiun bongkar muat minyak kelapa sawit ini beroprasi dibagian hulu dari stasiun PDAM. Seperti kita ketahui, PDAM merupakan penyedia layanan sarana air bersih bagi masyarakat Kutai Barat dan merupakan aset pemerintah,” jelasnya.

“Kegiatan hari ini untuk pembinaan dan meninjau kelengkapan administrasi maupun pembangunan dan aktivitas kegiatan dilapangan, apabila ditemukan hal – hal yang tidak sesuai ketentuan akan langsung diberikan teguran untuk segera dibenahi,” pungkasnya.

Sementara menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kutai Barat Ali Sadikin mengatakan, Dinas Lingkungan Hidup, dalam hal ini untuk memastikan bahwa apapun kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan tidak merusak atau menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan di sekitarnya.

“Di Dinas Lingkungan Hidup ada yang namanya PPLHD yaitu pejabat pengawas lingkungan maka Dinas Lingkungan Hidup punya kewenangan untuk melakukan inspeksi kapan saja,” terangnya.

Sesuai dengan kewenangan yang dimiliki oleh Dinas Lingkungan Hidup maka akan dilakukan pemantauan terhadap tingkat kepatuhan atau ketaatan terkait pengelolaan lingkungan dan merekomendasikan apa saja yang harus dibenahi.

“Beberapa hal yang dipandang masih belum layak, nantinya akan didata kemudian diberikan surat kepada pihak perusahaan untuk dibenahi. Semua pihak punya tanggung jawab yang sama untuk menjaga lingkungan khususnya menjaga kualitas sumber air, seperti; kualitas Air Mahakam karena merupakan sumber air utama dari pengelolaan PDAM yang menyediakan air bersih, kebutuhan pokok hajat hidup orang banyak,” pungkasnya.

Penulis; Aryo, Editor: Hermanto

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id