Gunakan Dana Desa Secara Benar, Dapat Menaikan Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Kampung, Senin (29/7/2019)

Gunakan Dana Desa Secara Benar, Dapat Menaikan Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Kampung, Senin (29/7/2019)

Peserta ikuti sosialisasi bursa Inovasi Desa di 3 Kecamatan Clauster I. Kominfo Fds.Kutaibaratkab.go.id

Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melaui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kutai Barat melaksanakan kegiatan rapat Koordinasi (Rakor) Clauster I di wilayah Kecamatan Bongan, Jempang dan Siluq Ngurai, Rakor berlangsung di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kampung Jambuk Makmur Kecamatan Bongan.

Program inovasi desa diharapkan mampu memicu munculnya inovasi serta pertukaran pengetahuan dan salah satu bentuk dukungan kepada kampung agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana desa sebagai investasi peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat.

Hadir dalam rakor Bursa inovasi Desa, Kepala DPMK Kutai Barat Faustinus Syaidirahman, Konsultan Pendamping Wilayah (KPW) Progam Pemberdayaan dan Pembangunan Desa (P3MD) Provinsi Kaltim, Kepala Disperindakop dan UKM Salomon Sartono, Kapolsek Bongan, Camat Bongan, Jempang, Siluq Ngurai, Petinggi, Ketua BPK dan Kepala Adat, Bank Kaltimtara Sendawar.

Kepala Dinas DPMK Kutai Barat Faustinus Syaidirahman berharap, di wilayah Kecamatan Bongan, Jempang dan Siluq Ngurai melalui camat dan para petinggi untuk berlomba-lomba dan bekerja keras merubah status kampung, dari kampung tertinggal naik menjadi kampung berkembang, untuk mencapai itu pergunakan dana desa secara benar dan sesuai dengan undang-undang yang berlaku otomatis akan menaikan tingkat kesejahteraan masyarakat dikampung.

Ketua Panitia Inovasi Desa Caluster I Ganjar Isukarso menyampaikan, Inovasi Desa adalah upaya Kementerian Desa tertinggal dan transmigrasi dalam mempercepat penanggulangi kemiskinan di desa, melalui pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas baik ekonomi lokal, kewirausahaan, sumberdaya manusia, pelayanan sosial dan infrastruktur desa.

Dalam kegiatan rakor inovasi desa Clauster I, ada 44 kampung di wilayah kecamatan Bongan, Jempang dan Siluq Ngurai mengisi kartu komitmen, dalam pengisian kartu komitmen masing-masing kampung menyampaikan permasalahan kampung, Inovasi kampung,  Pelatihan yang dibutuhkan, dan Potensi Kampung.

Kegiatan yang mengangkat tema, “Melalui Bursa Inovasi Desa kita wujudkan Desa Kreatif, mandiri dan inovatif,” menghadirkan Narasumber dari Bank Kaltimtara Sendawar dalam menyampaikan tata cara dan syarat pencairan dana desa, pinjaman untuk Badan Usaha Kampung (Bumka), pembukaan rekening baru, dan masyarakat menginginkan agar Bank Kaltimtara membuka Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di wilayah Kecamatan Bongan, Jempang dan Siluq Ngurai. Kominfo Fds

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

kubar

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemkab@kutaibaratkab.go.id