Forkopimda Gelar Rakor, Pemantapan Pelaksanaan Pilakada 2020 Di Kutai Barat

Pjs Bupati Kutai Barat, Simbolis tandatangani deklarasi damai dengan para tokoh masyarakat. Foto: Welin (Diskominfo)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Penjabat Sementara Bupati Kutai Barat pimpin rapat koordinasi pemantapan pelaksanaan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati yang akan digelar pada tanggal 09 Desember 2020 di Kabupaten Kutai Barat, secara virtual melalui Zoom Meeting. Bertempat di ruang Auditorium Aji Tullur Jejangkat (ATJ) Kutai Barat. Rabu 18 November 2020

Rapat koordinasi yang diawali dengan Deklarasi Damai tersebut diikuti oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Barat, Kapolres Kutai Barat, Dandim 0912/KBR, Kepala Kesbangpol, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kutai Barat, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kutai Barat serta Forkopimda Kutai Barat. Digelar dalam rangka menyukseskan dan mendukung penyelengaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kutai Barat tahun 2020 dan memastikan pelaksanaan berjalan tahapan pilkada berjalan dengan lancar.

Pjs Bupati Kutai Barat H. Syirajudin mengatakan, Segenap masyarakat Kutai Barat untuk mendukung proses tahapan-tahapn Pilkada agar dapat berjalan dengan lancar, aman, damai dan konsudif dengan tetap menerap protokol kesehatan dan keamanan sebagai komitmen bersama, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti munculnya clustser covid-19 pilkada mendatang.

“Kegiatan hari ini dirangkai dengan deklarasi damai dari tokoh-tokoh yang merupakan tokoh panutan bagi warga masyarakat dan mudah-mudahan melalui deklarasi damai ini seluruh warga masyarakat juga mendukung dan dapat menyukseskan pilkada di Kutai Barat mendatang,” harapnya.

Lebih lanjut Pjs Bupati mengingatkan, agar masyarakat berperan aktif ditiap tahapan pilkada serentak tanggal 09 Desember 2020 tersebut, dengan tetap menjaga ketertiban dan keamanan walaupun berbeda pendapat dan pilihan.

“Demokrasi itu biasa, nanti juga akan terpilih pemimpin yang memimpin untuk lima tahun kedepan yang membawa kemakmuran dan kesejahteraan, itulah proses demokrasi walaupun berbeda pilihan namun tetap jaga ketertiban dan keamanan di Kutai Barat  dibawah koordinasi rekan-rekan dari Kodim 0912/Kbr dan Polres Kutai Barat, tentu saja mereka sangat siap dalam pengamanan pelaksanaan pilkada nanti,” tegasnya.

Apresiasi yang tinggi, atas kesiapan dari KPUD Kutai Barat yang telah melaksanakan tahapan demi tahapan khususnya hari ini telah memaparkan proses pencoblosan sampai dengan layout TPS dan termasuk penempatan bilik suara dan lainnya.

“Nanti perlu ada kegiatan simulasi lanjutan dimasyarakat untuk mengedukasi, karena ini situasi yang tidak normal karena masih dalam pandemic Covid-19. Tentu saja masyarakat mungkin ada kekahwatiran datang ke-TPS oleh sebab itu harus dilakukan edukasi dan sosialisasi agar penyelengaraan pesta demokrasi sudah menerapkan protokol kesehatan,” tarangnya.

Penulis: Welin, Editor: Hermanto

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id