Kabupaten Kutai Barat

DPMK Kutai Barat Dan BPKP Kaltim Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Akutansi SIA Bumdes. Kamis (17/10/2019)

Wakil Bupati Kutai Barat H. Edyanto Arkan saat membuka sosialisasi aplikasi sistem Informasi Akutansi SIA BUMdes Kominfo Fds.kutaibaratkab.go.id

Wakil Bupati Kutai Barat H. Edyanto Arkan saat membuka sosialisasi aplikasi sistem Informasi Akutansi SIA BUMdes Kominfo Fds.kutaibaratkab.go.id

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melaui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kutai Barat bersama Badan pengawasan keuangan dan pembangunan (BPKP) Provinsi Kaltim melaksanakan sosialisasi aplikasi sistem Informasi Akutansi badan usaha milik desa (SIA BUMdes) di Balai Pertemuan Umum (BPU) Tana Purai Ngeriman (TPN) Setkab Kutai Barat.

Wakil Bupati Kutai Barat H. Edyanto Arkan menyampaikan, BUMDES merupakan amanat undang-undang dan peraturan pemerintah dan erat kaitannya dengan mensejahterakan masyarakat yang ada di kampung, BUMDES mampu menggali potensi yang ada di kampung serta potensi yang harus di optimalkan.

“Dengan adanya sosialisasi aplikasi sistem Informasi Akutansi SIA BUMdes ini dapat tergerak dan termotivasi untuk memaksimalkan potensi yang ada di kampung dan kepada petinggi, BPK Kampung dan ketua BUMDES serta anggota untuk dapat mengikuti dengan seksama, menerima pembekalan yang di sampaikan narasumber yang hasilnya dapat berdampak positif bagi pembangunan masyarakat di kampung khususnya Kutai Barat”, harap Wakil Bupati.

Kepala Dinas DPMK Kutai Barat Faustinus Syaidirahman mengatakan, dilaksanakan kegiatan ini untuk mendorong perekonomian masyarakat, mengentaskan kemiskinan serta berkontribusi terhadap kemandirian desa dan kesejahteraan masyarakat kampung.

Program pembentukan BUMDES tersebut diinisiasi oleh pemerintah Kutai Barat, yang terdiri dari 190 kampung dan BUMDES yang sudah terbentuk sebanyak 183 dan masih ada 7 kampung yang terus pemerintah dorong untuk membentuk BUMDES.  Pemerintah daerah “Memberikan apresiasi kepada BUMDES-BUMDES yang sudah terbentuk dan ikut berperan dalam pembangunan masyarakat melalui ekonomi kerakyatan serta ikut meningkatkan perekonomian masyarakat dan kepada kampung yang belum membentuk untuk segera membentuk BUMDES diwilayahnya”,  harapnya.

BUMDES merupakan program prioritas pemerintah pada tahun 2017 diharapkan mampu menggairahkan perekonomian rakyat serta munculnya inovasi baru dan peningkatan produktifitas dan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Kegiatan sosialisasi aplikasi sistem Informasi Akutansi menghadirkan Narasumber dari Badan BPKP Provinsi Kaltim Geri Kusuma dan Hery Hidayat dalam menyampaikan materi sistem aplikasi Informasi Akutansi SIA BUMdes.

Turut hadir dalam sosialisasi aplikasi sistem Informasi Akutansi SIA BUMdes, Wakil Bupati Kutai Barat, Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda), Badan pengawasan keuangan dan pembangunan (BPKP) Provinsi Kaltim, Petinggi, BPK dan seluruh ketua dan anggota BUMdes se-Kabupaten Kutai Barat.kominfo Fds.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>