Ditenggah Wabah Covid-19, Sekolah Tetap Selenggarakan Ujian Secara Online.

Salah satu sekolah yang menyerahkan soal ujian kepada siswinya karena tidak bisa secara online. Foto: Emilia (SDN 006 Linggang Kebut)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Ditengah wabah Pandemi Covid-19, pada hari ini Selasa, (02/06) sekolah-sekolah di Kutai Barat tetap menyelenggarakan  ujian atau ulangan dirumah dengan diawasi oleh orangtua namun memakai atribut lengkap sekolah. Selasa (02/6/2020)

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutai Barat Silvanus Ngampun mengatakan, belajar dari rumah atau Learn From Home (LFH) masih dilaksanakan sampai ada kebijakan baru dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan atau kebijakan Pemerintah Kutai Barat melalui Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid 19 Kutai Barat.

“Ujian dirumah secara daring atau ujian online diperbolehkan karena tidak boleh mengumpulkan siswa-siswi di sekolah dan cara ujiannya secara teknis diserahkan kepada Kepala Sekolah masing-masing,” ungkap Kadisdik.

Dikatakan salah satu orangtua siswa SD 001 Linggang Bigung, untuk pengambilan soal ulangan orangtua dan anak mengambil kesekolah lalu pelaksanaan ulangan anak difoto dan dikirim ke wali kelas. Lalu usai menyelesaikan soal orangtua mengantar kembali kesekolah atau kerumah wali murid.

“Ya hari ini dikasih 3 soal untuk 3 hari, hari Kamis dikumpulkan lalu diberikan soal berikutnya,” ujar Lili seorang ibu dari salah satu siswa di SDN 001 Linggang Bigung.

Dalam konfirmasi via whatshap orangtua siswa SD Katolik, juga mengatakan anaknya melakukan ulangan dirumah pakai google classroom sehari 2 mata pelajaran. “Iya benar ulangannya dirumah dengan diawasi orangtua dan pelaksanaan ulangannya hingga hari jumat dan absen secara online atau melaui aplikasi WhatsAap,” terang Hetty.

“Masing-masing kelas dibuatkan grup aplikasi WhatsAap sehari sebelumnya dan sudah dibagikan jadwal ulangan. Nanti saat anak-anak mengerjakan soal difoto terus dikirim kegurunya sekalian sama jawaban soal ulangannya dengan batas waktu. Foto anak sedang mengerjakan soal itu sebagai laporan kesekolah yang nanti disampaikan ke-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutai Barat sebagai laporan,” beber orangtua murid SDN 004 Melak.

Sementara Kepala Sekolah SDN 006 Linggang Kebut Syofiah dikonfirmasi malalui telepon, menjelaskan ujian telah dilaksanakan dan sekarang sedang melakukan ulangan semester II dengan beberapa prosedure yang orangtua siswa dapat memilih.

“Ujian online atau melalui aplikasi WhatsAap, jika tidak ada sarana handphone maka siswa atau orangtua mengambil dan mengantar soal kesekolah atau wali kelas yang mengantar paket soal semester 2 kerumah siswanya,” pungkas Kepsek SDN 006 Linggang Kebut ini.

Penulis  : Lilis, Editor  : Hermanto Y.

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id