Disdukcapil Kutai Barat, Jemput Bola Pelayanan Perekaman E.KTP.

Disdukcapil Kutai Barat, Jemput Bola Pelayanan Perekaman E.KTP.

Petugas Dan Siswa Sedang Lakukan Perekaman E.KTP Pelajar Tingkat SMA.

Kominfokubar-SENDAWAR, Dalam menyukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) dan pilkada serentak tahun 2020. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten Kutai Barat lakukan pelayanan perekaman KTP - Elektronik ‘jemput bola’ kepada pelajar tingkat SMA yang per Januari 2020 ini sudah 17 tahun dan menjelang per-september 2020 berusia 17 tahun sudah terdata sebagai pemilih pemula. Berlangsung di sekolah SMA Negeri 2 Sendawar. Kamis, 13 februari 2020.

Dalam melakukan perekaman, pihak sekolah SMAN 2 Sendawar menyediakan satu ruangan kelas XII untuk di pergunakan, meskipun dilakukan pada jam sekolah, perekaman berlangsung lancar dan tidak mengganggu aktivitas belajar-mengajar disekolah. Kegiatan perekaman tersebut disdukcapil Kutai barat mengerahkan tenaga sebanyak 4 orang yang terdiri dari 2 orang operator perekaman, 1 orang verifikator, dan 1 orang koordinator.

Sekretaris Disdukcapil Kutai Barat Florence Rombe menjelaskan, bahwa latar belakang pelayan dengan sebutan jemput bola didasari oleh surat edaran menteri dalam negeri dengan nomor 478/17952/DUKCAPIL tertanggal 28 September 2018 perihal perekaman jemput bola.

"Jadi kegiatan jemput bola ini, merupakan salah satu bentuk inovasi pelayanan kepada masyarakat untuk produk administrasi kependudukan, sesuai instruksi dari surat edaran Kemendagri,”terangnya.

Ditambahkannya, pelayanan jemput bola itu merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya administrasi kependudukan, dan upaya peningkatan partisipasi penyelenggaraan pilkada serentak 2020 sehingga perlunya mengurus administrasi kependudukan untuk menjadi pemilih.

"Gerakan GISA juga menyadarkan mereka bahwa mereka harus punya data yang benar, supaya kedepan tidak mengalami kesulitan menjalankan aktivitas ditengah masyarakat seperti menggunakan hak pilihnya dipilkada Kutai Barat mendatang, mereka ini pemilih pemula tetapi masih aktif disekolah,” tuturnya.

Untuk dapat dilayani perekaman yang dimulai pukul 09.00 WITA hingga pukul 15.55 Wita, tercatat 134 orang Siswa-siswi, dengan diwajibkan membawa dokumen pendukung berupa fotocopy Kartu kelurga dan fotocopy akta kelahirannya. Siswa-siswi yang perekaman sudah berusia 17 tahun, diperkirakan paling lambat 23 februari 2020 sudah menerima KTP elektronik melalui pihak sekolahnya.

Dalam agendanya, disdukcapil akan melakukan pelayanan perekaman tingkat SMA secara jemput bola di 16 kecamatan dengan sasaran sekolah SMA negeri. Dan saat ini disdukcapil telah melayani  2 kecamatan yaitu kecamatan Jempang dan kecamatan muara Lawa. Kominfo dos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *