Disdikbud Kutai Barat, Launching Program Pembelajaran Online Melalui ‘Kubar Jaji’

Channel Yutube ‘Kubar Jaji’ Pembelajaran online. Foto: Lilis (Diskominfo)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Membantu pembelajaran dimasa Pandemi Corona Virus Diseace (Covid19), tahun 2021 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Barat meluncurkan program Kutai Barat Pintar yang inovasikan dalam bahasa daerah yaitu “Kubar Jaji”.

‘Kubar Jaji’ adalah sistem pembelajaran dilakukan secara live streaming, yakni Disdikbud melibatkan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) untuk menentukan pemateri atau guru yang mengajar saat kegiatan berlangsung.

Kepala Disdikbud Kutai Barat melalui Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pendidikan Dasar (PPD), Yakobus Yamon menerangkan, bahwa program ini telah dilaunching sejak  5 Februari 2021 lalu. Dan program ini mandapat tanggapan positif dari masyarakat.

Sementara  Program Kubar Jaji menyasar kepada pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Materi pembelajaran yang disiarkan melalui Channel Youtube Kubar Jaji dan RRI Studio Produksi Sendawar, setiap hari Kamis, Pukul 11.00 Wita.

Ia jelaskan lebih lanjut bahwa yang mengisi materi di Kubar Jaji ialah para guru-guru yang ada di Kutai Barat, yaitu dengan membuat jadwal persekolah untuk penyampaian materi dan digilir per-sekolah dengan guru bidang studi masing-masing.

“Selain lewat media zoom, ini juga sharekan melalui youtube dan RRI Sendawar. Kedepan dipastikan terus berjalan, sembari melakukan evaluasi dan pembenahan terkait kekurangan dan  kendala,”jelas Kabid PPD kepada media dalam wawancara.

Kemudian ia meminta kepada seluruh pelajar/siswa yang berada di Kutai Barat agar tetap semangat dalam belajar dan tetap berkarya. “Ayo jangan patah semangat dan jangan bosan untuk belajar, dan jangan lupa tetap mengedapan protokol kesehatan,” pesan  Yakobus Yamon.

Penulis: Lilis. Editor: Hermanto

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id