Disdagkop dan UKM Kutai Barat Gelar Pasar Murah

Antusiasme warga, mengantri paket barang pasar murah. Foto: pipin (diskominfo)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru 2020, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui Dinas Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil Menengah (Disdagkop – UKM) Kutai Barat kembali menggelar pasar murah hari besar keagamaan untuk menjual barang kebutuhan pokok. Di Lamin Linggang Melapeh, Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat. Selasa, 24 November 2020.

Kepala Disdakop dan UKM Kutai Barat Salomon Sartono mengatakan, tujuan dilaksanakan pasar murah dalam rangka pemerintah daerah ingin membantu masyarakat dalam menghadapi hari raya Natal dan Tahun Baru, sehingga untuk menghadapinya minimal masyarakat memperoleh barang kebutuhan pokok lebih murah, yang biasanya menjelang perayaan keagamaan atau hari besar cendrung mengalami kenaikan, apalagi pada masa pandemi covid-19 penghasilan masyarakat menurun sehingga daya beli juga berkurang,” jelasnya.

Kepala Kampung Linggang Melapeh Musiman mengatakan, terimakasih kepada pemerintah Kutai Barat dalam hal ini Disdakop-UKM yang sudah memilih Kampung Linggang Melapeh menjadi tempat kegiatan pasar murah, bagi masyarakat yang ingin membeli barang kebutuhan pokok murah, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. “pemerintah Kampung sudah menyiapkan tempat mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak jangan sampai pasar murah di Linggang Melapeh menjadi Klaster baru penyebaran covid-19,” tegasnya.

Satu paket barang kebutuhan pokok pertama tersebut berisi; 1 kilogram gula pasir, 2 bungkus garam, 2 mie instan, 1 Kilogram bawang merah, 1 kilogram bawang putih, 1 kaleng susu, 1 liter minyak goreng, 1 kotak teh celup, 1 bungkus kopi, dan 1 botol sirup yang dijual dengan harga Rp. 70.000. sedangkan pilihan paket keduanya berisi 2 kilogram gula pasir, 2 bungkus garam, 2 mie instan, 1 Kilogram bawang merah, 1 kilogram bawang putih, 2 kaleng susu kental, 1 liter minyak goreng, 1 kotak teh celup, 2 bungkus kopi, dan 1 botol sirup dijual dengan harga Rp. 100.000. Kemudian ada juga dijual beras medium 5 kilogram dijual dengan harga Rp. 44.000,- telur 1 piring Rp. 38.000,- dan tabung LPG 3 Kilogram ditukar dengan harga Rp. 23.000,-

Salah satu warga masyarakat dari Linggang Bigung Ainah menuturkan, dirinya sangat terbantu, dengan adanya pasar murah karena barang kebutuhan pokok yang dijual jauh lebih murah dari harga yang ada di toko-toko, semoga kedepan kegiatan seperti ini lebih sering lagi dilakukan,”harapnya.

Dengan banyaknya masyarakat yang ingin membeli sembako murah panitia melakukan pembatasan dalam pembelian satu kupon untuk satu orang. dengan begitu, tidak ada pembeli yang mendapatkan lebih dari satu kupon.  “jika semua sudah kebagian maka boleh lebih dari satu paket,” katanya.

Penulis: Pipin, Editor: Hermanto

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id