Diharapkan Kerjasama Stakeholder, Untuk Percepatan Penanganan Covid-19 Di Kutai Barat

(Tengah) Sekdakab Kutai Barat, saat pimpin rapat evaluasi percepatan penanganan Covid-19 di Kutai Barat. Foto: Pipin (Diskominfo)

KOMIMFOKUBAR-SENDAWAR, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Kutai Barat pimpin rapat Evaluasi Posko Perbatasan Penanganan Virus Corona Deasease (Covid-19) di Kabupaten Kutai Barat, dilaksanakan di Balai Agung Aji Tullur Djejangkat (ATJ) Setkab Kutai Barat, Senin (15/2).

Sekdakab Kutai Barat Ayonius meninta, agar posko perbatasan di Kampung Jambuk Kecamatan Bongan dievaluasi dilanjutkan atau tidak, kerena mempertimbangkan berbagai aspek Kesehatan, Sosial dan Ekonomi. “Silahkan Tim Satgas Covid -19 Kabupaten Kutai Barat bergerak dilapangan akan tetapi tetap memperhatikan anggaran, jangan sampai dikemudian hari menimbulkan permasalahan dan bertentangan dengan aturan,” jelasnya.

Asisten II Setdakab Kutai Barat Nopandel menjelaskan bahwa Posko Jambuk merupakan posko penjagaan tingkat Kecamatan, yang berada diperbatasan dan mendapat perlakuan khusus. Ada permintaan agar dibantu dari Tingkat Kabupaten dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol pp) dan Dinas Perhubungan (Dishub) hingga akhir bulan Februari dan akan dievaluasi kembali, sedangkan tindak lanjut untuk penganggaran akan dibahas secara mendalam oleh Badan Keuangan Dan Aset Daerah (BKAD) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Sementara menurut Kepala Dinas Kesehatan Ritawati Sinaga, pihaknya akan memperkuat kembali tim ditingkat Kecamatan dan Rukun Tetangga (RT), untuk mempermudah pengawasan dan mengakomodir segala kebutuhan-kebutuhan pasien. “Diharapkan kerjasama dari Kepala Desa, tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh masyarakat sehingga tidak terbeban hanya di bidang Kesehatan saja,” harapnya.

Rapat Evaluasi Pos perbatasan dan percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Kutai Barat dihadiri oleh Asisten 1 Setdakab Kutai Barat Faustinus Syaidirahman, Asisten II Nopandel, Asisten III Achmad Sofyan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala BPBD, Kepala Dishub, Kapala Sastpol PP Kutai Barat, dan Kepala Bagian Hukum Setdakab Kutai Barat.

Penulis: Pipin, Editor: Hermanto

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id