Cegah Paham Radikalisme Kesbangpol Kutai Barat Gelar Sosialisasi Untuk Menata Kerukunan Umat Beragama di tengah Pluralisme (22/03/19)

Cegah Paham Radikalisme Kesbangpol Kutai Barat Gelar Sosialisasi Untuk Menata Kerukunan Umat Beragama di tengah Pluralisme (22/03/19)

Kabid. Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Kewaspadaan Kesbangpol Kutai Barat,Yuliana saat memberikakan sambutannya kepada 43 perserta yang mengikuti kegiatan Sosialisasi. KominfoWln. kutaibaratkab.go.id

KOMINFOKUBAR, SENDAWAR – Pentingnya kerukunan dan menghargai perbedaan antar umat agama merupakan hal yang sepatutnya menjadi prioritas utama bagi warga negara dalam kehidupan berbangsa yang telah dilindungi Negara, kehidupan warga masyarakat yang rukun dan kondusif selain kebutuhan juga hak setiap warga negara. kegiatan sosialisasi ini merupakan Implemetasi dari peraturan bersama Menteri Agama dan Menteri dalam Negeri Nomor Tahun 2006 dan nomor 9 Tahun 2006 tentang pedoman pelaksanaan Tugas Kepala/Wakil Kepala Daerah dalam pemeliharaan Kerukunan Umat beragama, Pemberdayaan Forum kerukunan Umat Beragama dan Pendirian Rumah Ibadat. Inilah yang menjadi tujuan dilaksanakannya kegiatan Sosialisasi untuk menata kerukunan Umat Beragama di tengah Pluralisme, dimotori oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik ( Kesbangpol ) Kutai Barat.

Bupati Kutai Barat dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kabid Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Kewaspadaan Kesbangpol Kutai Barat, Yuliana menyampaikan “Kutai Barat memiliki kehidupan masyarakat yang majemuk didalamnya terdiri dari 6 (enam) Etnis, keberagaman tersebut harus terus kita jaga dan pelihara dengan meningkatkan rasa persaudaraan dan kebersamaan.

Atas nama pemerintah dan masyarakat, menyampaikan duka yang mendalam atas peristiwa beberapa waktu lalu di mana terjadi penyerangan disebuah Mesjid di Selandia Baru yang merenggut kurang lebih 50 jiwa korban meninggal.  “Tentu kita semua perihatin atas peristiwa ini karena masih saja ada oknum-oknum yang yang tidak menghargai dan menghormati perbedaan keyakinan antar umat beragama, Karena itu mari bersama-sama bertanggung jawab untuk menjaga agar negara dan daerah kita terhindar dari bahaya paham Radikalisme ini.” Bupati menambahkan.

Selaku Kepala Dearah Bupati Kutai Barat menghimbau, terkait pemilihan Umum  Presiden dan Wakil Presiden serta anggota Legislatif, oleh karena itu menyikapi arus politik yang ada agar kita semua dapat tetap menjaga Kondusifitas daerah kita ini dengan tidak mudah terpancing isu-isu  berita Bohong (Hoax) bahkan adu domba yang dapat mencemari rasa persaudaraan.” Ungkapnya.

Sementara itu Camat Sekolaq Darat, Suwila Erpina dalam kesempatan yang sama menyampaikan, dengan adanya kegiatan ini dapat mempererat tali persatuan, kesatuan dan persaudaraan dimasyarakat kita, khususnya ditahun politik ini ada berbagai perbedaan yang bisa terlihat diberbagai media telah cukup memberi percikan perpecahan dikalangan masyarakat, karena itu, semua pihak harus mengesampingkan segala perbedaan apapun karena kita harus tetap bersatu untuk membangun NKRI yang lebih kuat dan damai.

Kegiatan Sosialisasi yang dikuti sedikitnya 43 perserta yang terdiri dari tokoh Agama dan Masyarakat, seperti : Petinggi, Ketua Karang Taruna, Ketua BPK, Kepala Adat besar Kecamatan, Kapospol Sekolaq Darat, Kapolsek Malak dan DANRAMIL, bertempat di Ruag Rapat kantor kecamatan Sekolaq Darat. Kominfo Wln

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

kubar

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemkab@kutaibaratkab.go.id