Bupati Kutai Barat Lantik 52 petinggi.

Para petinggi tandatangani berita acara pelantikan, disaksikan Bupati Kutai Barat (Kanan). Foto : Firdaus (Dinkomifo)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Bupati Kutai Barat melantik 52 orang petinggi atau kepala kampung untuk masa jabatan tahun 2021-2025, hasil pemilihan petinggi yang dilaksanakan pada Rabu (10/3/2021) Se-Kabupaten Kutai. Kegiatan pelantikan tersebut dihadiri oleh sejumlah forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kutai Barat dengan protokol kesehatan yang ketat, selain wajib ikuti pemeriksaan suhu tubuh, memakai masker para petinggi yang dilantik dan undangan juga harus menjaga jarak, berlangsung hikmat di Alun-alun Itho Sendawar, Senin (5/04).

Bupati Kutai Barat FX. Yapan SH menuturkan, Petinggi berkedudukan sebagai pimpinan yang menyelenggara pemerintahan kampung bersama Badan Permusyawaratan Kampung (BPK) wajib bersama-sama menyusun rencana kerja kegiatan dan melibatkan tokoh masyarakat, tokoh Agama, Pemuda dan masyarakat.

Selanjutnya Petinggi membuat berita acara dan rencana kerja dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat di kampungnya. Dan ini tidak pandang profesi, latar belakang agama, ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya, seluruh program kegiatan ini adalah oleh dari dan untuk semua. Bangun rasa memiliki pada setiap pribadi aparat kampung dan masyarakat kampung. “Dengan demikian masyarakat akan memiliki tanggungjawab dan senantiasa mendukung secara total terhadap suksesnya penyelenggaraan pembangunan kampung,” jelas Bupati.

Bupati juga meminta Inspektorat dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) untuk memimbing dan memantau petinggi yang baru dalam melaksanakan pemerintahannya, sehingga kesalahan dalam menyusun laporan dan melaksanakan kegiatan kampung dapat diminimalisir.

“Selaku perpanjangan tangan pemerintah dikampung, saudara Petinggi harus mampu bersinergi, mampu gotong royong, tidak mengkotak-kotakkan masyarakat dan dapat menjadi pemersatu dimasyarakat, proaktif dan wajib  memiliki wawasan yang luas, terutama yang menyangkut kebijakan, orientasi dan pelaksanaan pembangunan Pemerintah Kabupaten,” harapnya

“Saudara harus jeli dan mampu membaca peluang dan meningkatkan potensi khas daerah, jalin ragam kerjasama dengan berbagai pihak seperti donatur, perusahaan dan lain sebagainya. Gerakkan sektor ekonomi kerakyatan dengan memberdayakan masyarakat kampung baik pemuda dan tokoh masyarakat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat ditiap sektor seperti; pariwisata, perikan, pertanian dan perkebunan,”tegas Bupati.

Kepada para petinggi yang telah dilantik pada hari ini dapat mendukung dan bersinergi dengan pemerintah Kecamatan maupun Pemerintah kabupaten untuk menyukseskan visi misi terwujudnya Kutai Barat yang semakin adil, mandiri, sejahtera berlandaskan ekonomi kerakyatan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Saya ucapkan selamat bertugas. Saya menginginkan seorang petinggi yang mampu memegang teguh amanah dan senantiasa berkomitmen dengan menuangkannya dalam visi dan misi kerja di Kampung,”pungkasnya menambahkan.

Para petinggi yang dilantik ini, semula berkompetisi dengan 180 orang calon petinggi pada pemilihan petinggi serentak merebut 3.890 Daftar Pemilih Tetap yang berlangsung di 87 tempat pemungutan suara, 9 (TPS), 52 kampung di 15 Kecamatan, hingga penetapan hasil suara dapat berjalan aman dan lancar tidak ada sanggahan.

 

Penulis: Firdaus, Editor: Hermanto

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id