Bupati Dukung Upaya Pelestarian dan Regenerasi Adat Budaya Laliiq Ugaal. Jum’at (22/11/2019)

Bupati Dukung Upaya Pelestarian dan Regenerasi Adat Budaya Laliiq Ugaal. Jum’at (22/11/2019)

Bupati Kutai Barat ikut menari Tarian Hudoq dengan masyarakat tering lama.kominfo Rwn.kutaibaratkab.go.id

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Bupati Kutai Barat hadiri puncak acara Pentas Seni Adat Laliiq Ugaal masyarakat Kampung Tering Lama Ulu tahun 2019 berlangsung meriah dengan tari hudoq yang dipersembahkan oleh masyarakat, di Lamin Adat Kampung Tering Lama Jumat 22 November 2019.

Upacara Pentas Seni Adat Lalliq Ugaal selain merupakan suatu bentuk permohonan, harapan dan kegembiraan masyarakat khususnya warga Suku Dayak Bahau Saq Huwang Teriing (Tering Lama dan Tering Lama Ulu) dalam menyambut musim berladang atau menanam padi yang merupakan acara adat salah satu kearifan budaya lokal masyarakat yang dilaksanakan setiap tahunnya. Juga bertujuan sebagai permohonan kepada sang pencipta agar semua kegiatan usaha bertani dapat menghasilkan panen yang berlimpah-limpah serta kehidupan masyarakat kampung dapat sejahtera dan hidup damai dalam bermasyarakat.

Bupati Kutai Barat FX Yapan mengatakan, selaku kepala Daerah amat mengapresiasi kegiatan-kegiatan adat yang dilaksanakan dalam wilayah Kabupaten Kutai Barat termasuk juga acara adat Lalliq Ugaal yang rutin dilaksanakan  masyarakat di Kecamatan Tering ini, pelaksanaan kegiatan adat seperti ini tentu menjadi salah satu cara untuk melestarikan eksistensi adat istiadat asli juga sebagai upaya pengenalan identitas melalui budaya dan adat istiadat milik masyarakat Kutai Barat.

“Kiranya pelaksanaan Pentas Seni Laliiq Ugaal ini dapat secara rutin dilaksanakan dengan melibatkan generasi muda sebagai bagian dari regenerasi serta pelestarian adat tersebut kemudian semoga acara ini dapat terselenggara dengan baik dan lancar,” Harapnya, Kominfo Rwn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

kubar

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemkab@kutaibaratkab.go.id