Bupati dan Wakil Bupati  Kutai Barat, Disambut Dengan Adat Tepung Tawar Oleh Warga Kampung Muara Gusiq Kecamatan  Bongan

Bupati dan Wakil Bupati beserta Ibu, saat ikuti prosesi Adat Tepung Tawar. Foto. Hms Setdakab Kutai Barat.

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Sehari setelah dilantik Bupati dan Wakil Bupati Kutai Barat periode 2021-2024 oleh Gubernur Kaltim, Senin (26/4/2021) di Samarinda, langsung bertolak kembali ke Bumi Tanaa Purai Ngeriman Kutai Barat. Saat memasuki Kampung Muara Gusiq, Kecamatan Bongan yang merupakan kampung pertama setelah melewati perbatasan Kabupaten Kutai Barat, Bupati FX Yapan dan Wakil Bupati beserta Ibu disambut dengan prosesi Adat Tepung Tawar. Selasa (27/4/2021).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Kutai Barat FX Yapan, menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada masyarakat Muara Gusiq Kecamatan Bongan dan seluruh masyarakat di Kutai Barat atas kepercayaannya untuk memimpin kembali Kutai Barat sampai tahun 2024.

Sementara menurut Wakil Bupati Edyanto Arkan, memohon doa dan dukungan masyarakat agar tetap bisa mengemban amanah dan kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat. “Semoga Kutai Barat kedepan menjadi semakin baik lagi,” harapnya.

Petinggi Kampung Muara Gusiq Herman A mengatakan, Tradisi tepung tawar ini, bentuk doa dan harapan masyarakat, dengan melakukan pembersihan diri agar roda pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati terpilih ini dapat berjalan baik ke depannya. “Persiapannya sudah dari jauh hari, biasanya upacara adat ini digelar dipusat ibukota. Namun kali ini diadakan di sini, tentu menjadi keistimewaan bagi kami masyarakat Kampung Muara Gusiq, Kecamatan Bongan,”jelasnya bangga.

Dijadikannya Kampung Muara Gusiq sebagai lokasi penyambutan dan pelaksanaan upacara adat tentu sangat menggembirakan bagi warga setempat. Sebab penduduk dari kampung ini menjadi masyarakat Kutai Barat pertama yang bisa dikunjungi bupati dan wakil bupati setelah resmi dilantik.

Berbagai doa dan harapan pun dipanjatkan untuk bisa terus melanjutkan pembangunan di Bumi Tanaa Purai Ngeriman. “Harapan kita sebagai masyarakat, dari sektor pembangunan bisa terus terlaksana. Khususnya bagi kami yang berada didaerah perbatasan  cukup jauh dari pusat ibu kota kabupaten. Kedepannya sebagai pintu gerbang masuk ke Kutai Barat, tentu perhatian pemerintah sangat kami harapkan sebagaimana visi dan misi pemerintah periode 2021-2024 dan moto hari esok yang lebih baik dari hari ini,” tuturnya berharap.

Penyambutan melalui upacara adat ini hanya berlangsung singkat dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat karena stuasi pandemi Covid-19. Usai upacara adat tersebut, rombongan Bupati dan Wakil Bupati, langsung melanjutkan perjalanan menuju Sendawar ibu kota Kabupaten Kutai Barat.

Penulis: Andreas, Editor: Hermanto

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id