Buat SIM Baru atau Perpanjangan, Wajib Ikuti Tes Psikologi

Kasatlantas Polres Kutai Barat, saat memberikan keterangan kepada media. Foto: Lilis (Diskominfo)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Mulai Januari 2021, Pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kutai Barat dan Mahakam Ulu (Mahulu) sudah harus mengikuti penerapan tes psikologi, Selasa, 12 Januari 2021.

Dikatakan oleh Kepala Kepolisian Resor Kutai Barat melalui Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas)  Polres Kutai Barat, AKP Alimuddin mengatakan, tes psikologi ini berlaku di seluruh wilayah Indonesia. Dan untuk Kutai Barat sendiri sudah melakukan sosialisasi sejak bulan maret 2020 lalu.

“Sudah kita sosialisasikan namun sempat terhenti karena pandemi. Namun sekarang baru diberlakukan kembali secara penuh,”ungkapnya dalam sesi wawancara kepada awak media.

Lebih lanjut AKP Alimuddin menjelaskan, bahwa test ini berlaku untuk melengkapi persyaratan dalam pengurusan SIM baru maupun pengurusan perpanjangan SIM.

Menurutnya bahwa peraturan tersebut sudah sejak lama ada. Namun memang selama ini belum diterapkan dalam hal pengurusan SIM. Dikarenakan belum ada biro/lembaga yang siap.

“Namun sekarang semuanya sudah dilakukan sesuai aturan sejak awal bulan ini. Dan untuk di Kutai Barat, ada dua lembaga/biro yang  menjadi partner dalam menerbitkan surat lulus tes psikologi ini. Yaitu Arkan Trans Psikologi dan RHYS Psikologi yang berada didepan Markas Polres (Mapolres) Kutai Barat,” pungkasnya.

Perlu diketahui penerapan persyaratan tes psikologi ini sebenarnya sudah diatur dalam Undang-Undang (UU). Tepatnya diatur dalam UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 81 ayat 1 dan 4. Dimana dalam ayat 1 dijelaskan untuk pengurusan SIM haru memenuhi persyaratan. Melingkupi usia (minimal 17 tahun), Syarat administrasi berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), kesehatan jasmani dan rohani serta harus lulus ujian (tertulis dan praktek).

“Dalam ayat (4), syarat kesehatan yang dimaksud dalam ayat (1) meliputi sehat jasmani dengan surat keterangan dari dokter dan sehat rohani dengan surat lulus tes psikologi,” pungkasnya.

 

Penulis: Lilis, Editor: Hermanto

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id