PT. Bina Insan Sukses Mandiri, Siap Lunasi Tunggak Pajak Kendaraannya Awal Juni 2021 Mendatang

(Tenggah) Kasubag SDA Setdakab, Saat lakukan sosialisasi. Foto: Andreas (Dinkominfo)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Pemerintah Kutai Barat melaksanakan Sosialiasi tentang optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor Pertambangan PT. Bina Insan Sukses Mandiri (BISM) melalui Aplikasi zoom meting, kegiatan di pimpin Kasubbag SDA Rita Nursandy dan diikuti oleh perwakilan PT BISM, dan perangkat daerah terkait di ruang Diklat Setdakab Kutai Barat. Kamis(6/5).

Kepala Sub Bagian SDA Rita Nursandy mengatakan, PT BISM ini, masih menunggak pembayaran Pajak kendaraan bermotornya. Saat ini Bapenda Kutai Barat berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri Sendawar terkait upaya ini. “Sehingga dalam 2 minggu setelah sosialisasi ini dan masih belum ada tindaklanjut dari PT BISM, maka akan dilimpahkan kekejaksaan Kutai Barat,” jelasnya.

Pemerintah Kutai Barat sudah berupaya sejak  akhir 2019 hingga tahun 2020 telah melakukan koordinasi yang intensif terkait tunggakkan  PT BISM tersebut dan sekarang tahun 2021 pemerintah Kutai Barat pun masih memberikan kesempatan untuk dapat menyelesaikan kewajibannya sebagai wajib pajak. “Karena besar kecilnya nilai tersebut tetaplah menjadi PAD daerah Kabupaten Kutai Barat dan harus dilunasi,” tegas Rita.

Besar Kecilnya Hasil Pajak tetaplah Perusahaan PT BISM Harus membayar pajaknya, karena telah menggunakan tanah hasil bumi dalam wilayah Kutai Barat, apabila pajak daerah tidak dioptimalkan maka RKAB Perusahaan Batubara Tidak akan disetujui,” tegasnya menambahkan.

Sementara menurut Perwakilan PT BISM Siswandi mengatakan, keterlambatan pembayaran pajak kendaraan bermotor dikarenakan adanya penurunan kegiatan pada tahun 2020, terdampak pandemi Covid-19, karena perusahaan tidak bisa berjalan normal seperti biasa.  Oleh karena itu pada awal Juni nanti perusahaan akan mengupayakan pembayaran tunggakan pajak kendaraan tersebut .

Terkait data kendaraan yang diminta oleh Pemerintah Kutai Barat, ada miss komunikasi sehingga terlambat merespon data yang diminta seperti dalam Berita Acara yang disepakati pada  pertemuan pada 2020 yang lalu.  “sehingga data berapa kendaraan yang dimiliki baik yang bisa beroperasi sedang dalam perbaikan ataupun yang tidak bisa lagi beroperasi yang dimiliki oleh PT BISM dan Subkon belum diserahkan,” jelasnya.

Menurut Perwakilan PT BISM Siswandi menambahkan, Saat ini PT BISM memiliki 284 tenaga kerja dengan rincian 146 Tenaga kerja PT BISM dan 138 tenaga kerja di bawah naungan 8  kontraktor. “PT BISM memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) dan termasuk juga semua kontraktor yang berada di wilayah PT BISM,” pungkasnya.

Penulis: Andreas, Editor: Hermanto

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id