Bertambah Seorang Transmisi Lokal Asal Melak, Terkonfirmasi Positif Covid-19.

Bertambah Seorang Transmisi Lokal Asal Melak, Terkonfirmasi Positif Covid-19.

Sekdakab Kutai Barat saat konferensi pers di media center penanganan Covid-19 di Kutai Barat.kominfo Dos.kutaibaratkab.go.id

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Berdasarkan hasil pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) terdapat seorang yang terkonfirmasi positif Covid-19, laki-laki KBR 20 usia 18 tahun. Data yang terhimpun hingga Jumat (22/5/2020) kasus pasien terkonfirmasi covid-19 sebanyak 20 orang, Pasien dalam perawatan menjadi 15 orang dan pasien dinyatakan sembuh 5 orang. Sementara pasien dalam pengawasan (PDP) 9 dan meninggal 1 orang. Orang dalam pemantauan (ODP) 222 orang, orang tanpa gejala (OTG) 207 orang, selesai pemantauan 197 orang, proses pemantauan 25 orang. Sementara pelaku perjalanan terakumulasi sejak awal mencapai  8.468 orang.

Keterangan Sekretaris Daerah Kutai Barat, didampingi Asisten I dan II Setdakab Kutai Barat, Kepala Diskes Kutai Barat, Direktur RSUD HIS, perwakilan Kodim 0912, Polres Kutai Barat dan Kepala BPBD Kutai Barat di media Center Percepatan Penanganan Covid-19 Kutai Barat. Jumat, 22 Mei 2020 malam.

Lebih lanjut Sekretaris Daerah Kutai Barat Yacob Tullur menjelaskan, “hingga hari ini Jumat, (22/5), warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 transmisi lokal sudah 7 orang, oleh sebab itu kita harus tetap jaga jarak, kita berharap cukuplah 20 orang warga yang terkonfirmasi positif di Kutai Barat dan tidak ada penambahan lagi,” harap Sekdakab Kutai Barat.

“Lebih lanjut Sekdakab menambahkan, “selain pasilitas perawatan yang sudah tidak dapat menampung penambahan pasien, namun juga prihatin dengan keadaan para tenaga medis kita yang merewat pasien-pasien ini, sudah terisolasi, tidak bisa ketemu keluarga dan mereka juga sangat memungkinkan terpapar dari Covid-19 ini. Harapan kita masyarakat harus memahami situasi ini, ikutilah anjuran dan protokol kesehatan pemerintah, agar persoalan wabah ini segera berlalu,” pungkasnya.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kutai Barat Ritawati Sinaga, “saat ini kondisi rumah sakit Pratama sudah tidak memungkinkan lagi menampung penambahan pasien, dimana kondisi bed diruang isolasi sudah full, karena kondisi pasien tidak bisa kita gabung, baik pasien baru, pasien yang masih positif dan sedang di treatment  serta pasien hasil Swab sekalinya negatif yang jalani isolasi menunggu hasil Swab kedua. Sementara yang kosong sekarang ini hanya ruang yang disiapkan untuk ICU Covid 19 berkepasitas 2 tempat tidur,” jelasnya.

“Mohon kerjasama semua pihak agar tetap berperilaku hidup sehat, tetap dirumah saja, pakai masker bila keluar rumah, jaga jarak dan rajin cuci tangan pakai sabun terutama sebelum menyentuh area mata, mulut dan hidung,” pesan Kadiskes Kutai Barat.

Untuk diketahui data dari posko PKM Kampung Jambuk Kecamatan Bongan dan PKM Dilang Puti pelaku perjalanan mencapai 697 orang KTP Kutai Barat 370 orang, KTP Luar Kutai Barat 327 orang, orang yang dipulangkan sebanyak 16 orang, kendaraan masuk 381 unit. PKM Long Iram pengunjung sebanyak 594 orang dan kendaraan 218 unit. Kominfo Dos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *