Bertambah 6 Kasus Terkonfirmasi Dan 3 Orang Lainnya Sembuh Dari Covid-19

Kadiskes Kutai Barat, saat ditemui di ruang kerjanya. Foto: Andreas (Diskominfo).

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Perkembangan Kasus Covid-19 Kutai Barat data hari (Rabu, 14/10) secara kumulatif kasus suspek sebanyak 291 orang, kasus probable 3, kasus terkonfirmasi sebanyak 180 orang, pasien dalam perawatan di rumah sakit 3 orang, isolasi mandiri 32 orang, selesai isolasi (sembuh) 144 orang, kasus kematian 4 kasus, kontak erat 1.296 orang, jumlah spesimen 1.576 spesimen dan pelaku perjalanan mencapai  41.561 orang dan kasus discarded 1.191 orang.

“Pada hari ini, telah dilakukan Swab Test masal kepada kasus kontak erat maupun Suspek sebayak 63 Spesimen di Alun-Alun Itho Sendawar, dilaksanakan oleh tim kesehatan dan telah dikirim ke-Samarinda untuk dilakukan pemeriksaan,” ungkapnya di ruang kerja Dinas Kesehatan Kutai Barat. Rabu, 14 Oktober 2020

Kepala Dinas Kesehatan Kutai Barat Ritawati Sinaga menjelaskan, ada penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19, hasil pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) sebanyak 6 kasus yakni;  “KBR 175, Laki-laki, usia 47 tahun dengan status asimptomatik jalani isolasi mandiri, di Site Perusahaan berasal dari Kecamatan Damai, KBR 176, Laki-laki, usia 23 tahun status asimptomatik, jalani isolasi mandiri, berasal dari Kecamatan Melak, KBR 177, Laki-laki, usia 45 tahun, status asimptomatik, jalani isolasi mandiri berasal dari Kecamatan Melak, KBR 178, Perempuan, usia 22 tahun, status awal asimptomatik jalani isolasi mandiri berasal dari Kecamatan Melak, KBR 179, perempuan, usia 25 tahun, status asimptomatik jalani isolasi mandiri berasal dari kecamatan Damai dan  KBR 180, Perempuan, usia 31 tahun dengan status awal asimptomatik jalani isolasi mandiri berasal dari Kecamatan Melak,” jelasnya.

Lebih lanjut diterangkannya, ada juga penambahan pasien selesai isolasi (sembuh) sebanyak 3 orang dari Kecamatan Damai yakni:  KBR 119, Laki-laki, usia 26 tahun, KBR 120, Laki-laki, usia 26 tahun, dan  KBR 122, Laki-laki, usia 23 tahun. “Ketiganya dengan status Suspek, jalani isolasi mandiri di Kota Balikpapan,” tambahnya.

Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sudah mencapai 180 kasus dengan 4 kasus meninggal terkonfirmasi Covid-19, maka masyarakat diingatkan untuk selalu tingkatkan kewaspadaan, jangan panik untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. “Terutama bagi pelakukan perjalanan dari zona merah wajib isolasi mandiri secara ketat, dan kami meminta agar masyarakat khususnya pelaku perjalan dan ada riwayat kontak erat dengan kasus terkonfirmasi untuk melaporkan diri dipusat layanan kesehatan terdekat,” tegasnya mengimbau.

“Mari patuhi ini dengan komitmen yang kuat, selalu menerapkan protokol kesehatan dengan 3M, seperti; selalu menggunakan Masker, mencuci tangan dengan air yang mengalir, dan menjaga jarak fisik (Physical Distancing), untuk mencegah penularan Covid-19,”pungkasnya.

Penulis: Andreas, Editor : Hermanto

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat
Perkantoran IV Sendawar Kutai Barat
Tel – +62 (545) 455564

Email – pemda@kutaibaratkab.go.id